Sukses


    Menyemarakkan Piala Dunia U-17 2023, Garuda International Cup 2023 Diikuti Peserta dari 7 Negara Termasuk JDT Junior

    Bola.com, Bogor - Turnamen sepak bola usia muda bertaraf internasional bertajuk Garuda International Cup 3 (GIC 3) 2023 akan digelar dalam rangka menyemarakkan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

    Garuda International Cup 3 yang memakai tagline "The Season is Coming, Lets Have Fun" bakal diputar di Asiop Training Ground, Sentul, Kabupaten Bogor, pada 6-9 Juli 2023.

    Steering Committee Garuda International Cup 3, Novema Andryani, mempersilakan PSSI dan pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, untuk mencari pemain berbakat di turnamen ini demi kepentingan Piala Dunia U-17 2023.

    "Garuda International Cup 3 bisa menjadi satu di antara wadah bagi para pencari bakat khususnya PSSI untuk memantau pemain-pemain terbaik dari turnamen ini," ujar Novema dalam keterangan tertulis yang diterima Bola.com.

    "Terutama diharapkan dapat menjaring pemain seleksi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti," jelas Novema.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Diikuti 32 Tim

    Garuda International Cup 3 akan diikuti oleh 32 tim dari tujuh negara, termasuk tim junior raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), yang terjun di kategori U-12.

    "Jadi ini bagus sekali. Contohnya JDT adalah klub terbaik bukan hanya di Malaysia tapi juga satu di antara di Asia karena mereka berturut-turut ikut turnamen antarklub Asia dan akademi mereka itu luar biasa," imbuh Novema.

    "Kini anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bermain melawan JDT junior, selain itu ada juga Shonan Bellmare Jepang, dan akademi sepak bola di Thailand juga ikut," tuturnya.

    3 dari 5 halaman

    Kontestan dari Berbagai Daerah

    Ketua Panitia Garuda International Cup 3, Wahyu Budiarto, menjamin bahwa turnamen tahun ini akan lebih sengit karena banyaknya tim dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi.

    "Kami pastikan tahun ini bakal lebih semarak karena diikuti tujuh negara setelah pada tahun sebelumnya diikuti tiga negara dan lima negara. Jadi secara kuantitas persaingan pastinya meningkat," ucap Wahyu.

    "Lalu dari segi kualitas juga makin baik karena dalam hal kepesertaan kali ini kami bukan hanya diikuti wakil Sulawesi atau Sumatera saja."

    "Melainkan sekarang peserta domestiknya juga makin luas karena ada dari Jakarta, Papua, Batam, dan Kalimantan. Jadi hampir dari ujung ke ujung Indonesia kami ada perwakilannya," ungkapnya.

    4 dari 5 halaman

    2 Kelompok Usia

    Sementara itu, Direktur Transtama Logistics, Elen Bundiyanto, selaku perwakilan sponsor mengungkapkan kebahagiannya bisa kembali kembali mendukung Garuda International Cup yang akan memasuki musim ketiga.

    "Jadi, kalau anak-anak Indonesia ini sudah main sama tim-tim hebat, kepercayaan diri mereka akan tinggi, ini sudah tinggal masalah teknikal dan taktikal di lapangan," terang Elen.

    "Karena dari mental dan attitude ini tidak kalah lagi sebab dari usia muda mereka sudah belajar dan mencoba melawan tim luar negeri," paparnya.

    Garuda International Cup 3 terbagi ke dalam dua kelompok usia 12 tahun dan 17 tahun. Masing-masing kategori diisi 16 kontestan.

    5 dari 5 halaman

    Pembagian Grup

    Kategori U-12

    Grup A: JDT, ASIOP Merah, Woodlands Warriors, DY FC Batam

    Grup B: Farmel FC, Brazilian FA, ASIOP Biru, Best FC

    Grup C: A.T Putra Jaya, CS Private, Apueso Bueno FC, Next Bali Generation

    Grup D: Nahusam FA, NFDP, Hijau Kuning, Shonan Bellmare

    Kategori U-17

    Grup A: Heijnes F.S, Melaka Sport School, Safin Pati, FC Katipunan

    Grup B: Central Visayas, ASIOP Biru, Woodlands Warriors, Fatto Zapello FC

    Grup C: ASIOP Merah, Bangkok FC Academy, Fajar Selatan, Apuesto Bueno FC A

    Grup D: Bintang Gombak, Ricky Nelson Academy, Apueston Bueno, Diklat Merden

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer