Sukses


    Kota Solo Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Gibran Minta Suporter Persis Segera Berdamai

    Bola.com, Solo - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta seluruh elemen suporter Persis Solo untuk segera berdamai. Sebab, Kota Bengawan bakal menjadi tuan rumah beberapa kejuaraan, seperti Kualifikasi Piala Dunia U-23 2024 dan Piala Dunia U-17 2023.

    Imbauan yang disampaikan Gibran itu merujuk pada insiden kerusuhan antarkelompok suporter Persis Solo dalam pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2023/2024 melawan Persebaya Surabaya.

    Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (1/7/2023) itu, sempat terjadi kericuhan antara kelompok B6 dengan Garis Keras (GK). Bentrokan ini bahkan meluas hingga daerah Palur, Karanganyar.

    “Kemarin suporter Persis Solo sudah saya kumpulkan di Mapolresta Solo. Ada Surakartans, Garis Keras, Pasoepati, semua kami kumpulkan,” kata Gibran kepada awak media, Senin (3/7/2023).

    “Hati-hati sekali masalah flare, masalah ini dan itu. Karena, kita kan akan menjadi tuan rumah. Ini perlu komitmen semua pihak, termasuk sesama suporter Persis Solo,” imbuhnya.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Komunikasi dengan Seluruh Stakeholder

    Gibran menjelaskan, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan stakeholder terkait. Selain dengan bos Persis Solo, Kevin Nugroho, ia juga akan mengajak Panpel. 

    Gibran berharap, perselisihan antarsuporter ini bisa segera diselesaikan. Apalagi, kedua kelompok yang bertikai ini sebetulnya sama-sama mendukung Laskar Sambernyawa.

    “Sudahlah, hati-hati semua. Kalah menang adalah hal yang biasa. Sesama saudara sendiri tolong jangan ribut seperti itu,” katanya.

    “Nanti kami akan mengurusnya dengan Kevin Nugroho. Panpel Persis Solo juga. Pokoknya kami akan mengomunikasikan antara kedua belah pihak. Kejadian kemarin juga tidak terjadi di Solo,” imbuhnya.

     

    3 dari 5 halaman

    Blacklist Pelaku Kerusuhan

    Putra sulung Presiden Joko Widodo ini bahkan meminta oknum suporter yang terbukti menjadi pelaku serta provokator kerusuhan ini untuk di-blacklist dari pertandingan-pertandingan Persis Solo.

    “Yang jelas, tidak boleh terjadi kerusuhan lagi. Orang yang bersangkutan ya kalau bisa di-blacklist sekalian saja ya pelakunya dan pihak yang provokasi dan melakukan tindak kejahatan seperti itu juga,” katanya.

    Kerusuhan antara dua kelompok suporter yang meluas di beberapa titik ini memang menimbulkan korban. Empat korban mengalami luka lebam, sedangkan satu lainnya mengalami luka tusukan di perut.

     

    4 dari 5 halaman

    Kota Solo Jadi Tuan Rumah

    PSSI Sebetulnya telah mengajukan Stadion Manahan, Solo, sebagai tuan rumah penyelenggara Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pada fase ini, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan China Taipei.

    Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga sudah berencana untuk menawarkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 setelah sebelumnya batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

    5 dari 5 halaman

    Posisi Persis Solo Musim Lalu

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer