Sukses


    Frank Wormuth, Konsultan Timnas Indonesia U-17 yang Orbitkan Antonio Rudiger, Julian Brandt, hingga Niklas Sule di Jerman

    Bola.com, Jakarta - Frank Wormuth baru saja ditunjuk PSSI sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, untuk Piala Dunia U-17 2023. Bagaimana sepak terjang pria asal Jerman itu?

    Frank Wormuth lahir di Berlin, Jerman, pada 13 September 1960. Dia adalah pelatih yang cukup berpengalaman di negaranya. Kariernya sebagai juru taktik telah dimulai pada 1999 ketika menangani klub lokal, SC Pfullendorf.

    Sebelumnya, Frank Wormuth menjadi asisten pelatih tim Turki, Fenerbahce pada Juli 1998-Juni 1999.

    Di Fenerbahce, Frank Wormuth berperan sebagai tangan kanan Joachim Low, pelatih yang mempersembahkan Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017 untuk Timnas Jerman.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    6 Tahun Jadi Pelatih Timnas Jerman U-20

    Sesudah itu, kiprah Frank Wormuth berlalu biasa saja sebelum dipercaya menakhodai Timnas Jerman U-20 pada 2010-2016.

    Selama sepuluh tahun di Jerman U-20, Frank Wormuth mengorbitkan sejumlah pemain yang cukup sukses di level senior seperti Antonio Rudiger, Julian Brandt, Niklas Sule, hingga Mahmoud Dahoud.

    Keempat pemain itu menjalankan debut di Jerman U-20 ketika dipoles Frank Wormuth.

    3 dari 6 halaman

    Pimpin Timnas Jerman U-20 di Piala Dunia U-20 2015

    Frank Wormuth memimpin Jerman U-20 dalam 49 pertandingan, termasuk di Piala Dunia U-20 2015 tatkala laju Julian Brandt dkk. terhenti di babak perempat final oleh Timnas Mali U-20.

    Dari Jerman U-20, Frank Wormuth bergeser ke Belanda untuk memoles Heracles Almelo pada 2018-2022. Terakhir, ia menjadi pelatih kurang dari setengah musim untuk FC Groningen di Negeri Kincir Angin pada Juli-November 2022.

    "Kami sudah menetapkan Frank Wormuth untuk menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti," ujar Ketua PSSI, Erick Thohir, dinukil dari laman PSSI.

    4 dari 6 halaman

    Dikontrak 4 Bulan

    PSSI mengontrak Frank Wormuth selama empat bulan atau hingga akhir tahun ini. "Kontrak pertama ini untuk jangka waktu selama empat bulan hingga Piala Dunia U-17 2023," jelasnya.

    Dalam pemberitaan di lamannya, PSSI menjelaskan bahwa Frank Wormuth akan merancang tahapan-tahapan untuk membangun Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

    Mulai dari analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) buat membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid hingga mempersiapkan modul-modul kepelatihan.

    5 dari 6 halaman

    Rencana Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman

    Selain itu, juga pemaparan serta implementasi program dan melakukan pengawasan dan evaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih Timnas Indonesia U-17.

    Erick Thohir mengatakan bahwa pemilihan Frank Wormuth berkaitan dengan rencana pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman pada September-Oktober 2023.

    6 dari 6 halaman

    Ungkapan Erick Thohir

    "Penunjukkan Frank Wormuth juga didasari rencana training center Timnas Indonesia U-17 ke Jerman pada September-Oktober 2023," papar Erick Thohir.

    "Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank Wormuth di Jerman akan banyak membantu pematangan Timnas Indonesia U-17 dan juga tim pelatih," tuturnya.

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer