Sukses


    JIS Berpeluang Gelar Opening Ceremony Piala Dunia U-17 2023, Menunggu Asesmen FIFA

    Bola.com, Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, berpeluang untuk menggelar pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Namun, masih menunggu keputusan antara pemerintah, PSSI, dan FIFA.

    FIFA sedang melakukan inspeksi terhadap calon stadion dan lapangan latihan Piala Dunia U-17 2023 di empat wilayah pada 28 Juli-2 Agustus 2023.

    Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023. PSSI telah mengajukan delapan stadion untuk menjadi venue kepada FIFA.

    "Seluruh stadion yang diajukan untuk Piala Dunia U-17 2023 sedang dinilai FIFA pada pekan ini," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, dinukil dari Antara.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Ditentukan Bersama-sama

    Delapan stadion yang didorong PSSI kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 itu adalah Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, JIS, hingga Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

    Selain itu, juga Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

    "Nanti, akan dilaporkan kembali ke PSSI dan kami. Baru nanti ditentukan bersama dengan FIFA," imbuh Dito.

    3 dari 5 halaman

    Cuma Tinjau 4 Stadion

    Dari delapan stadion itu, FIFA hanya meninjau empat stadion beserta lapangan latihan pendukungnya. Keempatnya adalah JIS, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Manahan.

    Dito telah mendengar keinginan dari sejumlah pihak supaya JIS dapat dipilih untuk membuka Piala Dunia U-17 2023. Namun, pihaknya masih menantikan hasil dari pengecekan FIFA.

    "Sebenarnya untuk pembukaan ada keinginan di Jakarta. Tapi, kami sedang menunggu asesmen seluruh venue," imbuh Dito.

    4 dari 5 halaman

    Stadion Manahan Jadi Venue Final

    Sebelumnya, Stadion Manahan telah dipilih sebagai venue final Piala Dunia U-17 2023. PSSI mengklaim bahwa penunjukkan itu adalah kebijakan dari FIFA.

    "Saya baru mendapatkan laporan dari PSSI bahwa penutupan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Solo karena itu sudah menjadi rencana sejak Piala Dunia U-20 2023," ungkap Dito.

    5 dari 5 halaman

    Rumput Harus Diganti

    Sebelumnya, FIFA, pemerintah, dan PSSI juga sepakat bahwa rumput JIS, yang berjenis rumput hibrida alias kombinasi rumput zoysia japonica dengan sintetis, harus diganti.

    FIFA juga telah mengirimkan surat kepada PSSI untuk merombak rumput JIS mengingat intensitas pertandingan di Piala Dunia U-17 2023 cukup tinggi.

    "Di surat FIFA juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan rumput ini membutuhkan waktu selama 8-10 pekan," ungkap Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha.

    Video Populer

    Foto Populer