Sukses


    Jelang Piala Dunia U-17 2023, Pengamat: Jadi Tolok Ukur Pembinaan Sepak Bola Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-17 2023 sudah di depan mata. Turnamen usia muda bergengsi yang berlangsung di Indonesia itu menjadi edisi ke-19 sepanjang sejarah sejak pertama dihelat pada 1985.

    Piala Dunia U-17 2023 bakal dihelat pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. Ajang ini digelar di empat kota; Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Sedangkan keempat venue yang digunakan antara lain Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

    Kemudian Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

    Piala Dunia U-17 tahun ini diikuti 24 kontestan. Adapun Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A Piala Dunia U-17 2023. Tim berjulukan Garuda Muda itu akan bersaing dengan Ekuador, Panama, dan Maroko.

    ==

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Dampak Positif

    Pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia. Tidak hanya di sektor pariwisata, turnamen tersebut juga menjadi wadah bagi para pesepakbola muda unjuk gigi.

    Hal ini diungkapkan pelatih sekaligus pengamat sepak bola Erwan Hendarwanto. Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu mengatakan, Piala Dunia U-17 akan membawa dampak positif buat perkembangan sepak bola Indonesia.

    "Dampak positif jelas banyak sekali, untuk perkembangan sepak bola Indonesia jelas akan semakin baik," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (7/11/2023).

    "Secara pembinaan pemain-pemain muda kita, karena bisa langsung melihat tim-tim besar hadir di Indonesia. Sehingga bisa menjadi tolok ukur kita untuk kemajuan pembinaan selanjutnya," sambungnya.

    3 dari 6 halaman

    Mengembalikan Kepercayaan

    Erwan Hendarwanto mengatakan, penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Tanah Air sebagai bukti kalau Indonesia mampu menggelar event level dunia. Sekaligus jadi momen tepat untuk mengembalikan kepercayaan kepada dunia, setelah pembatalan Piala Dunia U-20 2023 beberapa waktu lalu.

    Seperti diketahui, sebelumnya Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Penolakan terhadap Israel menjadi salah satu faktor FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

    "Yang kedua tentu saja kepercayaan dunia terhadap Indonesia bisa kembali pulih karena bisa menyelenggarakan Piala Dunia," kata Erwan Hendarwanto.

    "Harapannya tidak hanya Piala Dunia U-17 saja, tapi bukan tidak mungkin Indonesia ke depan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia senior," tambah pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu.

    4 dari 6 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

    Grup A

    • 10 November 2023: Timnas Indonesia U-17 Vs Ekuador
    • 13 November2023: Timnas Indonesia U-17 Vs Panama
    • 16 Novembe 2023: Maroko Vs Timnas Indonesia U-17
    5 dari 6 halaman

    Pembagian Grup Piala Dunia U-17 2023

    6 dari 6 halaman

    Yuk Nikmati Keseruan Piala Dunia U-17 2023 di EMTEK

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer