Sukses


Pelatih Semen Padang Anggap Main Malam Bahayakan Pemain

Bola.com, Padang - Pelatih kepala Semen Padang, Nilmaizar, menyayangkan jadwal main malam yang ditetapkan PSSI pada semifinal Piala Presiden 2017. Seperti diketahui dalam dua leg semifinal, Semen Padang melakoni dua pertandingan menghadapi Arema FC dengan jadwal main yang sama, jam 21.00 WIB, baik saat bertindak sebagai tuan rumah, Kamis (2/3/2017), maupun saat melawat ke Malang, Minggu (5/3/2017).

Nilmaizar menilai jadwal bertanding kelewat malam akan membahayakan kesehatan pemain. Menurutnya, seharusnya saat itu pemain sudah istirahat.

"Bagi saya, main jam 21.00 tidak ideal. Pasalnya, jam segitu pemain harusnya istirahat, ini malah mengeluarkan keringat selama hampir dua jam. Ini jelas membahayakan kesehatan pemain. Saya saja tidur jam 21.00, begitu pun pemain di mes," ujar Nilmaizar.

Nilmaizar menyebut jika olahraga yang menguras keringat dan berlangsung lama dilakukan pada malam hari, berpotensi membahayakan pernafasan serta menyebabkan nyeri sendi, sulit tidur sehingga lebih mudah mengalami cedera.

Dengan aktif berolahraga, apalagi intensitasnya berat seperti sepak bola, menyebabkan adrenalin naik, suhu tubuh juga naik yang menyebabkan seseorang susah tidur.

Meski begitu, mantan pelatih Timnas Indonesia itu mengaku tetap mengikuti jadwal yang ditetapkan PSSI. "Ini kan sudah ditetapkan, jadi bagaimana pun kami harus menjalaninya. Namun untuk ke depan, alangkah baiknya sebelum menentukan jadwal harus ada pertimbangan yang matang yang berpihak kepada tim dan pemain," saran Nilmaizar.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer