Sukses


7 Manfaat Tauge bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke

Bola.com, Jakarta - Tauge atau biasa dikenal toge adalah kecambah muda yang baru saja berkembang dari dalam biji. Tauge yang populer di masyarakat Indonesia yang berasal dari kacang hijau. Tauge merupakan makanan yang bernutrisi dan mudah dicerna.

Tauge adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Manfaat tauge yang paling umum adalah meringankan kerja sistem pencernaan dan meningkatkan kesuburan pria.

Dilansir dari laman AloDokter, tauge memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan zinc di dalamnya. Banyak sekali olahan masakan dari tauge.

Tumis tauge, tauge goreng, adalah jenis olahan tauge yang digemari masyarakat Indonesia. Enzim yang tinggi di dalam tauge membantu meningkatkan proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh Anda

Enzim merupakan bagian terpenting untuk proses pencernaan di tubuh Anda. Tauge biasa dikonsumsi sebagai sayuran pelengkap dalam menu makanan Anda.

Tauge memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang enak. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat tauge untuk kesehatan tubuh Anda, Selasa (3/3/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Mengontrol Gula Darah dan Jantung

Tauge berperan penting dalam mengontrol tingkat gula darah tubuh. Tauge mengandung enzim amilase yang memiliki kemampuan memecah dan mencerna gula dalam tubuh Anda.

Selain mengontrol gula darah dalam tubuh, tauge bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi tauge.

Mengonsumsi tauge bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

3 dari 8 halaman

2. Melancarkan Pencernaan di Tubuh

Tauge memiliki kandungan senyawa zat besi, vitamin C, dan zinc. Kandungan tersebut bisa meringankan sistem kerja pencernaan di tubuh Anda.

Tauge merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan. Tauge memiliki reaksi terhadap hipersensitvitas.

Kandungan enzim yang bergunan dalam penyerapan nutrisi, menjaga metabolisme tubuh, dan menangkal gangguan pencernaan tubuh Anda.

4 dari 8 halaman

3. Meningkatkan Metabolisme

Tauge kaya akan enzim yang berguna untuk metabolisme tubuh Anda. Protein yang banyak merupakan bagian penting untuk fungsi kima tubuh Anda.

Protein dibutuhkan hampir seluruh proses tubuh. Protein yang terkandung berguna menciptakan dan memelihara sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan aspek lain bagi kesehatan tubuh Anda.

Protein yang terkandung dalam tauge sama dengan protein yang terkandung di dalam daging. Maka itu, tauge menjadi pilihan menu utama bagi vegetarian atau vegan karena mengandung nutrisi tinggi.

5 dari 8 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Tauge memiliki nutrisi yang tinggi dan rendah kalori. Tauge bisa menjadi pilihan menu untuk diet.

Tauge dapat menghambat pelepasan ghrelin dan merasa kenyang lebih lama. Ghrelin adalah hormon lapar yang memberikan efek kepada otak Anda untuk memakan sesuatu.

Tauge berguna mengurangi masalah penderita obesitas, karena dapat mengurangi makan berlebih atau ngemil.

6 dari 8 halaman

5. Mencegah Stroke

Tauge adalah sumber omega-3. Omega-3 yang terkandung dalam tauge adalah bentuk kolesterol, namun yang berkategori baik.

Kolesterol baik dalam tauge berguna mengurangi jumlah yang berbahaya bagi tubuh Anda. Antiinflamasi alami pada tauge bisa mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Kolesterol baik dalam tauge juga bisa membantu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah dan ateri serta ketegangan di arteri tubuh Anda, serta meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi di dalam tubuh Anda.

Manfaat lain kolesterol baik lainnya adalah mengurangi pembekuan dan menurunkan risiko penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri yang berisiko menyebabkan stroke.

7 dari 8 halaman

6. Menyehatkan Rambut

Vitamin C pada tauge bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda, menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan membuat rambut menjadi kuat, tebal, dan subur.

Selenium dalam tauge membantu membunuh jamur yang ada pada kulit kepala Anda, serta mendorong pertumbuhan rambut baru, menghilangkan ketombe serta kotoran pada kulit kepada Anda.

Kandungan pada tauge dapat mengatasi jamur yang bisa membuat kulit kepala Anda merasa gatal. Sering mengonsumsi tauge dapat mencegah rambut kusam. Bahkan, rambut bisa menjadi lebih elastis dan berkilau.

Tauge memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang penting untuk menutrisi foliker rambut.

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Tauge selama ini dipercaya sebagai sayuran yang bisa meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin E-alfa membantu untuk meningkatkan kesuburan pria.

Mengonsumsi tauge secara teratur juga berkhasiat meningkatkan kualitas sperma Anda. Vitamin E yang terkandung di dalam tauge menjaga sperma Anda rusak akibat serangan radikal bebas.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer