Sukses


7 Manfaat Pinang Muda untuk Kesehatan, Termasuk Atasi Cacingan

Bola.com, Jakarta - Pinang adalah pohon yang termasuk dalam keluarga palem yang tersebar di Asia Tenggara hingga daerah tropis Afrika. Buah pinang muda sering dimanfaatkan masyarakat pedesaan sebagai obat herbal kesehatan mulut dan gigi.

Buah pinang muda salah satu bahan untuk nyirih dan dikunyah bersama dengan daun sirih dan beberapa tambahan lainnya. Anda bisa mendapatakan manfaat buah pinang muda dengan cara mengonsumsinya mentah-mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, atau dibakar.

Tidak banyak yang tahu bahwa buah pinang muda memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Buah pinang muda juga dipercaya bisa digunakan sebagai pengobatan skizofrenia (gangguan jiwa) dan glaukoma.

Zat yang terkandung di dalam buah pinang muda dapat memengaruhi otak dan bagian sistem saraf pusat. Proantosianidin adalah zat yang terkandung di dalam buah pinang muda.

Zat proantosianidin adalah tannin yang terkondensasi yang termasuk golongan flavonoid. Proantosianidin memberikan efek antibakteri, antivirus, antikarsionogenik, antiradang, antialergi, dan vasodilatasi.

Buah pinang muda cukup terkenal sebagai jenis buah yang bisa meningkatkan stamina. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamsi (5/3/2020), manfaat buah pinang muda yang baik untuk kesehatan Anda.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Buah pinang muda telah dikenal sebagai salah satu bahan yang baik untuk kesehatan mulut. Dilansir dari laman InteliHealth, mengunyah buah pinang muda dipercaya meningkatkan air di area mulut.

Buah pinang diolah dengan cara dibakar hingga berbentuk abu, lalu abu tersebut digosokan ke seluruh bagian gigi Anda. Sifat antimikroba di dalam buah pinang muda dapat mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang.

Buah pinang juga mengandung air liur yang banyak membantu Anda yang mengidap diabetes dan sindrom Sjogren menjaga mulut tetap lembap. Sifat antioksidan dan antimutagenik yang ada di dalam buah pinang muda membantu menekan bakteri di dalam mulut Anda.

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah pinang muda yang memiliki sifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Buah pinang muda bisa mengatasi timbulnya komedo akibat kandungan minyak berlebih pada kulit wajah Anda.

Buah pinang muda juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan membantu proses peremajaan kulit wajah.

4 dari 8 halaman

3. Mengobati Luka

Buah pinang muda bisa mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, serta meregenerasi kulit akibat bekas luka.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara dihaluskan terlebih dahulu, lalu oleskan buah pinang muda ke bagian kulit yang sedang terluka. Buah pinang muda juga mampu menghentikan pendarahan akibat cedera dan mengatasi mimisan.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda mengalami gangguan nafsu makan, buah pinang muda bisa menjadi solusinya. Buah pinang muda memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kurang nafsu makan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius pada tubuh Anda jika diabaikan. Mengonsumsi buah pinang secara rutin dipercaya bisa membangkitkan nafsu makan Anda.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi Cacingan

Buah pinang muda dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan di tubuh Anda, satu di antaranya cacingan.

Selain sering dialami oleh anak-anak, penyakit cacingan juga bisa menyerang orang dewasa. Penyakit ini dapat menggangu sistem pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Zat arekoline yang bersifat antihelmentik dalam buah pinang dipercaya sebagai sebagai obat cacing dan mencegah cacingan di pencernaan Anda.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Gairah Seks

Buah pinang muda cukup terkenal sebagai obat herbal peningkat gairah seks, terutama untuk pria. Kandungan alkaloid aktif dalam buah pinang muda berupa senyawa arekoline.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah pinang muda dengan meminum air rebusannya dan dipercaya bisa meningkatkan stamina. Buah pinang muda juga bisa mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria.

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Stamina

Mengonsumsi buah pinang muda dipercaya memiliki khasiat meningkatkan stamina Anda. Zat yang terkandung di dalam buah pinang muda dapat menstimulasi hormon tubuh.

Sebaiknya sebelum mengonsumsinya, potong-potong terlebih dahulu buah pinang muda agar mudah dicerna oleh tubuh. Dilansir dari laman Alcohol and Drug Foundation, buah pinang muda mampu membuat seseorang lebih waspada dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Video Populer

Foto Populer