Sukses


6 Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan, Perhatikan Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Mahoni adalah pohon besar yang tingginya bisa mencapai 35 sampai 40 meter. Tak hanya batangnya yang digunakan sebagai olahan kayu, buah mahoni juga memiliki manfaat.

Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu manfaat yang diberikan dari buah mahoni.  Diansir dari laman HelloSehat, buah mahoni memiliki flavonoid, alkaloid, dan saponin.

Buah mahoni dipercaya mampu memperlancar aliran darah di dalam arteri pembuluh darah.

Buah mahoni yang berbentuk seperti telur berwarna coklat digunakan sebagai olahan obat herbal. Buah mahoni juga disebut sky fruit, karena keunikannya menggantung ke atas dan tangkainya mengarah ke langit.

Mahoni hanya tumbuh di negara yang memiliki hutan hujan tropis di sebagian besar di negara-negara Asia Pasifik termasuk Indonesia. Kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin di buah mahoni berguna sebagai antioksidan.

Buah mahoni memiliki manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh Anda. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020), manfaat buah mahoni bagi kesehatan. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Buah mahoni bisa menjadi solusi masalah hilangnya selera nafsu makan. Mengonsumsi 1 biji  buah mahoni per hari mampu meningkatkan nafsu makan Anda.

Senyawa saponin yang ada di dalam buah mahoni berguna menghambat pembentukan jaringan lemak dan menekan nafsu makan. Sifat hipoglikemik juga mampu menjaga kadar gula darah tubuh Anda di batas normal dan mencegah meningkatnya insulin.

Buah mahoni mampu menghambat pelepasan lipase, enzim yang memecah lemak makanan. Meningkatnya nafsu makan mampu menambah berat badan Anda.

3 dari 8 halaman

2. Melancarkan Peredaran Darah

Buah mahoni memiliki kandungan falvonoid. Kandungan flavonoid dalam buah mahoni mampu melancarkan peredaran darah, membersihkan pembuluh darah, dan penyumbatan terhadap kolesterol jahat (LDL).

Mengonsumsi buah mahoni bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Buah mahoni dipercaya membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine menyatakan mengonsumsi buah mahoni memiliki risiko rendah mengalami masalah penyakit kardiovaskular. Kandungan saponin yang ada di dalam buah mahoni juga berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak di dalam tubuh Anda.

Buah mahoni mampu mengikat kolesterol jahat jahat dengan garam empedu. 

4 dari 8 halaman

3. Sebagai Antioksidan

Sifat antioksidan yang ada di dalam buah mahoni berguna untuk tubuh Anda. Kandungan falvonoid yang juga ada di dalam buah mahoni mampu mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas.

Radikal bebas yang menyerang tubuh Anda bisa membuat kesehatan tubuh terganggu dan menimbulkan berbagai penyakit. Buah mahoni berguna sebagai penangkal bakteri dan virus.

Mengonsumsi buah mahoni dapat menjaga kekebalan tubuh Anda tetap baik.

5 dari 8 halaman

4. Melancarkan Pencernaan dan Atasi Nyeri

Mengonsumsi buah mahoni dipercaya membantu melancarkan proses metabolisme (system endokrin) di dalam tubuh Anda menjadi teratur. Jika sistem pencernaan terganggu maka Anda berisiko mengalami penyakit hepatitis akut, maag, sirosi hati, gastrointestinal, dan konstipasi.

Buah mahoni memiliki kandungan flavonoid dan mineral penting yag dibutuhkan oleh tubuh Anda. Buah mahoni juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mengatasi nyeri.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi Rematik

Rematik adalah kondisi yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Buah mahoni bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rematik.

Rematik pada umumnya dialami oleh lansia. Konsumsi olahan buah mahoni menjadi teh agar bisa mendapatkan manfaatnya.

7 dari 8 halaman

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan bicara. Penyakit ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Buah mahoni dapat digunakan sebagai pilihan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Mengonsumsi buah mahoni secara rutin dipercaya mampu mencegah risiko mengalami penyakit Alzheimer.

Mengonsumsi buah mahoni dapat dikombinasikan menggunakan susu.

8 dari 8 halaman

7. Efek Samping Buah Mahoni

Begitu banyak manfaat yang diberikan oleh buah mahoni. Tetapi perlu diperhatikan, mengonsumsi buah mahoni harus Anda perhatikan anjuran atau dosis aman pemakaian.

Terlalu berlebih mengonsumsi buah mahoni memiliki risiko cedera hati, diabetes, hipertensi, da masih banyak lagi. Selalu berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum mengonsumsi buah mahoni ini.

Kandungan falvonoid yang ada di dalam buah mahoni jika dikosumsi secara berlebih mampu merubah antioksidan di tubu Anda menjadi prooksidan mutagen.

Lebih berhati-hati saat mengonsumsi buah mahoni ini

Video Populer

Foto Populer