Sukses


8 Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan, Kaya akan Kandungan Nutrisi

Bola.com, Jakarta - Kelor adalah tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat alami. Selain daunnya, biji kelor juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Biji kelor mengandung berbagai macam nutrisi. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium, protein, lemak, dan serat di dalam biji kelor.

Biji kelor memiliki kandungan zat flavonoid dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan yang diperlukan tubuh Anda. Sifat antioksidan dalam biji kelor mampu membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh Anda.

Biji kelor bermanfaat juga untuk kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi biji kelor mampu menurunkan kadar darah di dalam tubuh Anda dan kolesterol jahat (LDL).

Dilansir dari laman HonestDocs, biji kelor umumnya hanya terdapat pada pohon kelor yang berukuran besar, di atas 7 meter. Selain digunakan sebagai bahan kecantikan, nutrisi yang terkandung di dalam biji kelor terbukti bisa mengatasi berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat biji kelor, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus. Biji kelor bisa dikombinasikan ke menu oatmeal, sup, atau sebagai camilan sehat.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3/2020), manfaat biji kelor bagi kesehatan tubuh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Agen Antioksidan

Biji kelor memiliki kandungan zat flavonoid dan vitamin C yang tinggi. Kandungan zat flavonoid dan vitamin C bertindak sebagai agen antioksidan.

Biji kelor mampu membantu mengurangi stres oksidatif. Stres terjadi ketika jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh dalam menetralkannya.

Biji kelor juga mampu meningkatkan imunitas tubuh Anda dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

3 dari 9 halaman

2. Meredakan Nyeri

Manfaat biji kelor selanjutnya adalah mampu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi. Sifat antiinflamasi di dalam daun kelor membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

Mengonsumsi biji kelor sangat baik untuk penderita radang sendi seperti rheumatoid arthritis.

4 dari 9 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji kelor memiliki kandungan asam lemak yang tinggi. Kandungan zat asam lemak yang ada di dalam biji kelor adalah zat asam oleat.

Asam oleat adalah asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Asam oleat di dalam biji kelor bermanfaat sebagai obat kardiotonik.

Biji kelor juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL). Mengonsumsi biji kelor dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

5 dari 9 halaman

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Biji kelor baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biji kelor mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh Anda.

Menurut Journal of Diabetes, penggunaan biji kelor dipercaya sebagai terapeutik obat diabets alami.

6 dari 9 halaman

5. Menjaga Kesehatan Hati

Biji kelor memiliki sifat antioksidan di dalamnya. Biji kelor mampu melindungi kesehatan hati secara keseluruhan.

Nutrisi yang tekandung di dalam biji kelor mampu melindungi tubuh Anda dari kerusakan hati akibat serangan radikal bebas. Seperti diimuat dalam The Journal of Food Science, mengonsumsi biji kelor secara rutin mampu memperbaiki kerusakan akibat penyakit hepatits.

7 dari 9 halaman

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain mampu menjaga kesehatan hati dan jantung Anda, mengonsumsi biji kelor mampu mengatasi penyakit yang menyerang sistem pencernaan tubuh Anda. Sifat antiinflamasi yang ada di dalam biji kelor dimanfaatkan sebagai obat tukak lambung alami.

Tukak lambung terjadi akibat terkikisnya pelindung dinding lambung Anda yang menyebabkan nyeri perut. Mengonsumsi biji kelor juga ampuh meredakan gejala maag dalam dosis rendah.

8 dari 9 halaman

7. Obat Asma

Biji kelor dipercaya sebagai obat alami asma bronkial. Sifat antispasmodik dalam biji kelor mampu membantu mengurangi tingkat keparahan serangan asma.

Sifat antiinflamasi pada biji kelor juga efektif membantu mengatasi peradangan pada saluran pernapasan Anda.

9 dari 9 halaman

8. Mengatasi Anemia

Anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi memberikan warna merah darah. Biji kelor memiliki kandungan zat besi yang baik.

Kandungan zat besi di dalam biji kelor dipercaya mampu menjaga kadar normal sel darah merah di tubuh Anda. Mengonsumsi biji kelor mampu membantu mnegobati anemia defisiensi besi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer