Sukses


8 Jenis Makanan yang Bikin Panjang Umur

Bola.com, Jakarta - Memiliki umur panjang menjadi impian bagi banyak orang. Menjaga fisik tetap sehat dan bugar menjadi satu di antara kunci untuk mendapatkan umur panjang. Pemilihan makanan yang dikonsumsi dipastikan memengaruhi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman HelloSehat, pola makan sehat menunjukkan peran penting untuk menentukan seberapa lama Anda hidup. Mengonsumsi makanan yang bergizi, dipercaya bisa menghindarkan dari risiko penyakit kronis yang membahayakan jiwa.

Selain mengonsumsi makanan sehat, untuk menjaga kesehatan tubuh, dibarengi pula dengam rajin berolahraga.

Anda memang tidak bisa menebak berapa batas usia yang bakal dimiliki.

Anda hanya bisa berusaha agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat hidup menderita.

Pola makan menjadi satu di antara indikator penting yang membuat Anda memiliki umur panjang.

Bola.com telah merangkum jenis makanan yang dipercaya bisa membantu memiliki umur panjang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Kacang-Kacangan

Kacang mampu membantu melawan penyakit jantung. Studi dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa rutin mengonsumsi kacang dipercaya menghindarkan dari risiko mati muda.

Mengonsumsi kacang kenari dan pistachio dipercaya meningkatkan kesehatan jantung dan mengalami penurunan risiko kematian hingga tujuh hingga delapan persen. Kacang bisa menjadi olahan menu diet.

Mengonsumsi kacang-kacangan mampu meningkatkan kadar asam lemak butirat di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi kacang juga mengatasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

3 dari 9 halaman

2. Gandum Utuh

Jenis makanan selanjutnya yang dipercaya bisa menambah umur adalah gandum utuh. Mengonsumsi produk olahan gandum seperti roti, pasta, oatmeal, dan kue-kue mampu menurunkan risiko kematian.

Gandum memiliki serat yang tinggi dan bisa menjadi menu pilihan diet. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, jika rutin mengonsumsi gandum, mampu menurunkan risiko kematian lima sampai sembilan persen akibat penyakit jantung.

4 dari 9 halaman

3. Ikan

Ikan memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Senyawa karotenoid yang ada di dalam ikan mampu melindungi terhadap penyakit saraf.

Pilihlah ikan yang memiliki asam lemak omega-3 seperti tuna, sarden, salmon, atau mackerel. Pastikan mengonsumi ikan dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Kandungan asam lemak omega-3 mampu membuat Anda terlihat awet muda. Sebuah penelitian dari Ohio State University menyatakan bahwa, mengonsumsi ikan yang kaya omega-3 mampu mengurangi peradangan penyebab penyakit secara dramatis.

Terjadinya peradangan yang ada di dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti alergi, kanker, penyakit jantung, hingga alzheimer.

5 dari 9 halaman

4. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi hijau, rapini, lobak, kailan, bayam hingga brokoli mampu menunjang kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi sayuran yang memiliki banyak serat mampu menjaga kesehatan tubuh dan menambah kemungkinan berumur panjang.

Rutin mengonsumsi sayuran hijau mampu menekan peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6 dari 9 halaman

5. Buah Beri

Buah beri dipercaya mampu mengatasi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Buah beri adalah pilihan camilan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain buah beri, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan lain seperti pisang, anggur, stroberi, blueberry, tomat, dan buah-buahan keluarga beri lainnya.

Buah beri memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah penyakit kronis yang mengancam jiwa.

Buah beri memiliki kandungan lycopene yang mampu melawan kanker.

7 dari 9 halaman

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik tak jenuh, yang dipercaya bisa memanjangkan umur.

Minyak zaitun mengandung polifenol yang membantu mencegah kanker. Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin juga mampu meningkatkan kesehatan otak.

8 dari 9 halaman

7. Tomat

Tomat mengandung air, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, dan potasium mampu mencegah penyait kronis dan penyakit kardiovaskular. Rutin mengonsumsi tomat dipercaya bisa membuat Anda memiliki umur yang panjang.

Tomat memiliki kandungan likopen, yang merupakan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

9 dari 9 halaman

8. Daging Putih

Daging merah menjadi daging yang umum dikonsumsi banyak orang. Ada jenis daging putih yang dipercaya bisa membantu memiliki umur panjang.

Mengonsumsi daging putih seperti daging ayam, kalkun dan ikan mampu meminimalisasi risiko kematian.

Video Populer

Foto Populer