Sukses


6 Jenis Makanan yang Dapat Menyehatkan Tulang

Bola.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, akan lebih sering pula mengalami gangguan pada tulang. Hal tersebut karena massa tulang pada seseorang ikut mengalami penurunan.

Menjaga kesehatan tulang menjadi hal penting dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya berbagai maslah yang dapat terjadi di kemudian hari.

Ada berbagai cara untuk menjaga agar tulang tetap sehat, beberapa di antaranya rutin melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dan kalsium.

Selain itu, menghindari berbagai macam makanan, seperti makanan kaleng, minuman bersoda, dan minuman beralkohol dapat membantu menjaga tulang tetap sehat.

Kalsium adalah mineral paling penting dalam menjaga kesehatan tulang. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari berbagai sumber makanan atau suplemen.

Seseorang yang mengalami kekurangan asupan kalsium menyebabkan tulang mudah keropos, yang pada akhirnya menimbulkan penyakit seperti osteoporosis.

Menjaga kesehatan tulang dengan banyak mengonsumsi makanan bernutrisi menjadi hal sebaiknya dilakukan setiap hari.

Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin, yang dapat menyehatkan tulang.

Bola.com telah merangkum merangkum dari beberapa sumber, enam jenis makanan yang dapat menyehatkan tulang, Rabu (13/5/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Susu

1. Susu

Seperti sudah dikenal, susu mengandung kalsium dan vitamin D tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Kalsium merupakan aspek paling penting untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan asupan kalsium yang tidak dijaga, tulang akan rawan keropos.

Selain itu, vitamin D penting bagi tulang karena dapat membantu menyerap kalsium yang didapat oleh tubuh.

Untuk memiliki tulang yang sehat, konsumsilah susu secara rutin, dan usahakan mendapatkan susu segar.

2. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna merupakan jenis ikan yang mengandung banyak nutrisi, dan cukup terkenal akan kegunaannya sebagai makanan sehat.

Seperti halnya susu, ikan berlemak mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga mengosumsi ikan berlemak dapat membantu memenuhi asupan kalsium harian Anda.

Saat Anda akan mengonsumsi ikan berlemak, usahakan untuk mencari ikan yang masih dalam keadaan segar, dan hindari mengonsumsi ikan, seprti sarden yang dikemas di dalam kaleng.

3 dari 4 halaman

Sayuran Hijau

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti sawi dan bayam mengandung banyak vitamin C. Vitamin jenis ini bertugas membentuk dan memproduksi sel-sel pembentuk tulang.

Selain itu, sayuran hijau mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik bagi tulang.

Kekurangan vitamin B kompleks dapat melemahkan kondisi tulang. Mengonsumsi sayuran hijau dapat memberikan asupan vitamin B kompleks pada tubuh, yang pada akhirnya dapat menguatkan kondisi tulang dan mencegahnya mudah keropos.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, satu di antaranya adalah vitamin D.

Vitamin D merupakan satu di antara vitamin yang cukup penting karena asupan vitamin D yang terjaga dapat membantu tulang untuk menyerap kalsium yang dapat menjaga kepadatan tulang.

Anda dapat mengonsumsi minyak ikan dalam suplemen secara rutin setiap hari karena minyak ikan cenderung tidak memiliki efek samping.

4 dari 4 halaman

Kentang

5. Kentang

Satu di antara manfaat kentang adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Kentang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

Kentang mengandung magnesium dan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu kalium dapat mengontrol asam di dalam tubuh, yang dapat menyerap kalsium dari tulang.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda dapat mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang, usahakan untuk tidak menggorengnya karena dapat menambah lemak dalam tubuh.

6. Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk merupakan sumber vitamin C sehingga dapat dimanfatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terserang berbagai jenis penyakit.

Vitamin C merupakan satu di antara komponen penting untuk menjaga kesehatan tulang karena dapat membentuk kolagen yang bertugas memperkuat kepadatan tulang.

Sumber: Berbagai sumber

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer