Sukses


Jenis-Jenis Alat Pembayaran Non Tunai yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Alat pembayaran adalah media yang digunakan untuk melalukan berbagai macam transaksi. Ada dua macam alat pembayaran, yaitu tunai dan non tunai.

Alat pembayaran tunai merupakan media pembayaran yang sudah digunakan manusia sejak dahulu dengan memakai uang fisik. Sementara, alat pembayaran non tunai adalah media pembayaran dengan cara bayar yang tidak lagi memerlukan uang fisik.

Jadi, alat pembayaran non tunai merupakan kebalikan dari alat pembayaran tunai, di mana tidak memerlukan adanya uang kartal secara langsung saat bertransaksi.

Pembayaran non tunai disebut juga dengan istilah cashless. Seiring perkembangnya zaman, sistem pembayaran non tunai makin diminati karena sangat praktis dan aman dalam bertransaksi.

Di sisi lain, terdapat banyak bentuk atau jenis alat pembayaran non tunai. Penting pastinya mengetahui jenis-jenis alat pembayaran non tunai.

Berikut rangkuman tentang jenis-jenis alat pembayaran non tunai yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman Harmony.co.id, Selasa (27/4/2021)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai

Sebelum membahas jenis-jenis alat pembayaran non tunai, perlu diketahui dulu manfaatnya. Berikut ini manfaat menggunakan alat pembayaran non tunai.

1. Transaksi Lebih Cepat

Pembayaran non tunai dapat mempermudah kita dalam melakukan transaksi karena dapat diakses di mana dan kapan saja.

2. Lebih Aman

Dengan menggunakan alat pembayaran non tunai, seseorang tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar yang mungkin bisa mengundang risiko pencurian atau perampokan.

3. Mempermudah Mengatur Keuangan

Beralih ke alat pembayaran non tunai bisa membantumu lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Sebab, kamu bisa langsung mengalokasikan anggaran selama sebulan penuh.

4. Pengeluaran Tercatat

Dengan menggunakan transaksi non tunai, pengeluaran bulananmu akan lebih rapi tercatat oleh bukti pembayaran dari tiap transaksi yang kamu lakukan.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

  • Kartu Debit

Kartu debit adalah alat pembayaran non tunai yang berbasis saldo milik nasabah. Kartu debit diterbitkan oleh bank yang juga merupakan pihak perantara keuangan tempat nasabah menyimpan uangnya.

Kartu ini bisa digunakan untuk mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM tanpa harus ke bank.

  • Kartu Kredit

Kartu kredit adalah satu di antara alat pembayaran non tunai yang saat ini sangat terkenal karena banyak orang sudah menggunakan kartu yang satu ini agar kegiatan pembayarannya bisa berjalan dengan lancar.

  • Uang Elektronik

Uang elektronik adalah satu di antara dari jenis pembayaran yang saat ini bisa digunakan dalam berbagai transaksi pembelian. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya harus menyetorkan sejumlah uang pada pihak ketiga agar bisa diubah menjadi uang elektronik.

Di Indonesia, uang elektronik biasanya digunakan untuk membayar biaya tol, parkir, dan lain sebagainya.

  • Cek

Cek adalah selembar kertas yang bisa dijadikan bukti bahwa bank akan mencairkan dana dari nasabah pada orang yang namanya sudah tertulis pada cek. Cek terbagi menjadi tiga jenis, yaitu cek atas nama, cek atas unjuk, dan cek silang.

  • Giro

Hampir sama dengan cek, bedanya giro tidak digunakan untuk mencairkan uang pada nama yang tertulis di atas kertas. Giro biasanya digunakan untuk memindahkan uang dari rekening nasabah lain ke rekening nasabah yang tertera di atas kertas.

  • Nota Debit

Nota debit merupakan surat yang diterbitkan untuk menagih nasabah bank lain atau bank lain melalui kliring dengan nominal dan waktu yang sudah ditentukan.

  • Nota Kredit

Biasanya digunakan untuk mengirimkan atau memindahkan dana bukan tunai kepada nasabah bank atau bank lain melalui kliring dengan nominal dan waktu yang ditentukan.

 

Sumber: Harmony

Video Populer

Foto Populer