Sukses


7 Cara Memutihkan Wajah bagi Pria, Praktis dan Irit Biaya

Bola.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah putih bersinar bisa meningkatkan daya tarik bagi siapa saja yang melihat. Wajah yang lebih putih bersinar juga bisa membuat Anda lebih percaya diri.

Tidak hanya wanita, kaum pria juga menginginkan kulit wajah putih bersinar dan memesona. Memutihkan wajah pria bukan berarti mengubah warna kulit menjadi putih, namun lebih ke mencerahkan sehingga kulit tampak lebih cerah.

Tak heran, banyak yang rela membayar mahal untuk mendapatkan warna kulit wajah yang sempurna.

Namun, sebagian dari pria malas melakukan perawatan wajah karena enggan mengeluarkan biaya yang menguras kantong dan mungkin saja malu.

Namun, Anda jangan khawatir. Ada bahan-bahan alami yang mampu mencerahkan dan memutihkan wajah. Bahkan, bahan-bahannya ini sangat mudah Anda temukan. Selain itu, caranya cukup mudah diterapkan dan bisa dilakukan di rumah.

Penasaran apa saja bahan dan bagaimana cara memiliki kulit wajah putih bersinar? Berikut ini beberapa cara memutihkan wajah pria dengan bahan alami, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (4/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah bagi Pria

1. Susu murni dan madu

Cara memutihkan kulit wajah pria yang pertama, dengan memanfaatkan campuran susu murni dan madu. Kedua bahan ini kaya kandungan lactic acid serta enzim pencerah kulit, yang efektif untuk memutihkan wajah pria secara alami.

Cara penggunaannya cukup mudah. Anda cukup mencampurkan madu dan susu hingga rata. Lalu, Anda tinggal mengoleskan campuran tersebut pada wajah hingga merata. Setelah rata, diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih.

2. Madu dan yoghurt

Selanjutnya, merupakan masker alami yang dikombinasikan dari madu dengan campuran produk susu lainnya, yaitu yoghurt. Cara ini merupakan alternatif apabila Anda tidak memiliki susu murni.

Kandungan yang terdapat di yoghurt kurang lebih sama dengan apa yang ada di susu, dan tentunya sama-sama efektif untuk memutihkan kulit wajah pria.

Cara aplikasinya, yaitu Anda cukup mencampur madu dan yoghurt, lalu ratakan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah bagi Pria

3. Tepung beras dan putih telur

Tepung beras sangat terkenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit wajah, sedangkan putih telur efektif untuk mengangkat komedo membandel.

Cara pembuatannya, cukup campurkan seperempat mangkuk tepung beras, lalu beri dua butir putih telur. Setelah itu, campur hingga merata dan oleskan masker tepung beras dan putih telur ini ke wajah.

Diamkan selama 30 menit agar seluruh kandungan dalam masker tersebut dapat meresap sempurna. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

4. Tepung beras dan mentimun

Memiliki efek menyegarkan bagi kulit wajah, mentimun diakui menjadi bahan alami yang baik untuk mencerahkan kulit wajah.

Cara pembuatan ramuan dari kedua bahan ini cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan mentimun yang sudah dihaluskan dengan tepung beras secukupnya. Setelah itu langsung oleskan ke wajah hingga merata.

5. Jeruk nipis, tepung beras, kunyit

Banyak yang mengira kunyit akan membuat kulit wajah menjadi kuning apabila digunakan sebagai masker. Padahal, cara ini menjadi cara yang cukup efektif untuk mencerahkan wajah.

Anda bisa menggunakan kunyit bubuk apabila kesulitan menemukan kunyit asli. Perbandingan takaran yang digunakan untuk membuat ramuan ini, yaitu dengan mencampur satu sendok makan perasan air jeruk nipis, satu sendok teh tepung beras, serta 1/2 sendok teh kunyit bubuk.

Lalu, Anda bisa langsung mengoleskan ramuan tersebut ke wajah hingga merata dan tunggu 10 menit sebelum dibilas bersih.

Satu hal yang perlu diperhatikan, cukup gunakan ramuan masker ini selama 15-30 menit saja. Sebab, apabila terlalu lama, hal tersebut yang akan membuat kulit menjadi kuning.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah bagi Pria

6. Madu dan jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis terbukti secara efektif mencerahkan kulit wajah. Akan tetapi, pastikan kulit wajah Anda tidak terlalu sensitif ketika terkena kandungan vitamin C dari jeruk.

Sebab, jeruk nipis yang diaplikasikan pada wajah dengan kulit sensitif dapat menimbulkan efek samping, seperti ruam merah dan sensasi kulit wajah yang terasa terbakar. Sedangkan madu memang sangat baik dalam menutrisi kulit karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur dua sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis. Lalu, oleskan ke seluruh wajah. Tetapi, hati-hati agar tidak terkena bagian mata.

7. Pepaya dan pisang

Cara memutihkan kulit wajah pria selanjutnya, bisa menggunakan campuran buah pepaya dan pisang. Caranya cukup dengan menghaluskan pepaya dan pisang dengan blender, tanpa campuran air. Lalu, Anda bisa mengoleskan ke wajah dan tunggu selama 20 menit.

Kandungan pada buah pepaya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sedangkan pisang berfungsi untuk melembabkan, mencerahkan, serta menghaluskan kulit wajah. Perpaduan kedua bahan ini menjadi cara memutihkan kulit wajah pria yang cukup efektif.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Rizky Mandasari. Published: 9/7/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer