Sukses


Daftar Makanan Penyebab Sakit Kepala yang Sebaiknya Dihindari

Bola.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Kondisi ini merupakan satu di antara masalah kesehatan yang kerap terjadi dan mengganggu., erutama jika kita sedang melakukan aktivitas atau bekerja.

Rasa sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pada umumnya, sakit kepala terjadi akibat stres atau kurang istirahat.

Penyebab lainnya, keluhan kesehatan ini juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Tanpa kita sadari, makanan-makanan tersebut kerap kita santap sehingga bisa memicu sakit kepala yang kita rasakan.

Maka itu, mulai sekarang Anda sebaiknya menghindari untuk mengonsumsinya atau lebih berhati-hati saat menyantapnya dengan memperhatikan takaran makanan yang Anda konsumsi tersebut.

Apa saja makanan yang bisa memicu sakit kepala? Berikut ini daftar makanan penyebab sakit kepala, yang perlu dihindari untuk dikonsumsi, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (19/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Sakit Kepala

1. Keju

Keju merupakan makanan penyebab sakit kepala. Keluhan tersebut bisa terjadi akibat kandungan tiramin yang ada di dalamnya. Tinggi rendahnya kandungan tiramin berhubungan dengan berapa lama keju tersebut disimpan. Makin tua usia keju, kandungan tiramin akan makin besar.

2. Monosodium Glutamate (MSG)

Siapa yang tak kenal dengan MSG? Zat yang punya nama lengkap Monosodium glutamate ini merupakan penguat rasa pada aneka masakan. Jika dikonsumsi dalam kadar berlebihan, MSG bisa memicu sakit kepala, khususnya pada orang-orang yang sensitif.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Sakit Kepala

3. Cabai

Meski sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, cabai dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini diduga akibat kandungan capsaicin yang ada di dalamnya.

4. Alkohol dan Anggur Merah

Minuman beralkohol sudah diketahui sejak lama dapat memicu timbulnya sakit kepala. Ini karena alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, yang bila terjadi pada pembuluh darah otak dapat menyebabkan kejadian sakit kepala.

Sementara itu, anggur merah dapat menyebabkan sakit kepala karena memiliki kandungan tiramin yang sangat tinggi.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Sakit Kepala

5. Cokelat

Cokelat memang dapat meredakan stres. Namun, bila dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Hal tersebut karena cokelat memiliki kandungan asam amino tinggi, yang merupakan keluarga dari senyawa tiramin.

6. Es krim dan Minuman Dingin

Apakah Anda sering sakit kepala setelah mengonsumsi es krim atau minuman dingin? Ini wajar, karena tubuh bereaksi terhadap rasa dingin dari makanan atau minuman yang baru saja Anda konsumsi.

Sakit kepala yang terjadi akibat mengonsumsi asupan yang dingin umumnya terjadi hanya sekitar 30-60 detik.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Sakit Kepala

7. Pisang

Tidak disangka, pisang ternyata juga termasuk sebagai makanan penyebab sakit kepala. Ini karena pisang memiliki kandungan tiramin, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang.

8. Daging Olahan

Sakit kepala juga bisa terjadi akibat sering mengonsumsi daging olahan, seperti yang terdapat pada hot dog, bacon atau burger. Mengonsumsi daging sebenarnya tidak masalah.

Hanya, daging-daging olahan tersebut umumnya memiliki pengawet yang mengandung nitrat. Zat nitrat pada daging olahan bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mencetuskan sakit kepala.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/5/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer