Sukses


4 Cara Mengatasi Lidah Terbakar karena Makanan Panas

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami sensasi lidah terbakar? Ya, makanan yang dikonsumsi saat masih panas memang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Begitu pula dengan makanan yang memiliki tingkat kepedasan super. Bukan perkara sepele, lidah terbakar merupakan kasus yang sebenarnya harus segera mendapatkan penanganan tepat.

Saat terasa sensasi lidah terbakar, rasanya memang mencekit dan bahkan menyakitkan. Biasanya, lidah yang terbakar karena makanan atau minuman panas dikategorikan dalam luka bakar derajat pertama. Meski demikian, luka bakar ini tetap dapat merusak lapisan membran halus di mulut Anda.

Namun, Anda tidak perlu panik. Rasa sakit akibat lidah terbakar, pada kasus luka bakar derajat pertama, bukan luka bakar derajat ketiga atau yang disebabkan kejadian traumatis lainnya, sesungguhnya normal. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Sebagai catatan, jika berbagai upaya tersebut sudah dilakukan, namun rasa terbakar atau nyeri masih menetap hingga tujuh hari atau lebih, disarankan segera mencari bantuan medis. Begitu pula jika kondisinya memburuk.

Berikut cara mengatasi lidah terbakar karena makanan panas, disadur dari Klikdokter, Kamis (20/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Lidah Terbakar karena Makanan Panas

1. Mengulum Es Batu

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari sesuatu yang dingin untuk mengusir rasa terbakar ini, seperti es batu. Mengulum es batu dapat membantu meringankan sensasi terbakar tersebut.

2. Minum Susu Dingin

Cara selanjutnya, cobalah minum susu karena dapat melapisi dan menenangkan lidah yang terbakar. Bila perlu, pilihlah susu yang dingin.

Cairan dingin di mulut akan membantu menghilangkan rasa panas di jaringan yang terbakar dan mengurangi peradangan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Lidah Terbakar karena Makanan Panas

3. Konsumsi Obat Antinyeri

Jika Anda sangat kesakitan, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi obat antinyeri, seperti asetaminofen atau ibuprofen. Meski pada umumnya, Anda tak perlu mencari bantuan medis untuk kasus lidah terbakar ini, kecuali jika terjadi pada bayi atau balita.

4. Hindari Makanan Tertentu

Dalam masa penyembuhan, Anda harus menghindari makanan tertentu yang bisa membuat rasa sakit memburuk. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan renyah, makanan pedas, atau yang mengandung sitrus.

Hal-hal lain yang tak kalah penting adalah jangan menyentuh area yang terbakar, dan tetap menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi secara teratur.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/2/2018)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer