Sukses


6 Manfaat Mengonsumsi Sayur Kol yang Masih Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sayur kol merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayur ini biasa dikenal dengan sebutan kubis dan banyak dijual di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Sayur kol atau kubis banyak dijadikan sebagai lalapan yang umum ada di pecel lele, ayam penyet, dan lain sebagainya. Meski dijual dengan harga murah, kol memiliki manfaat penting bagi kesehatan.

Kol mengandung zat antikanker dan dapat menurunkan risiko kanker karena mengandung senyawa sulforaphane. Selain itu, kandungan apigenin dalam sayur kubis dapat membantu mengobati kanker payudara.

Mengonsumsi sayur kol mentah bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta pencernaan.

Kol mengandung protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B9, vitamin A, folat, kalsium, potasium, magnesium, mangan, dan lain sebagainya.

Berikut manfaat dari mengonsumsi sayur kol, yang masih jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (3/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Sayur Kol

1. Kebutuhan gizi terpenuhi

Profil zat gizi yang terkandung pada sayuran kol cukup memukau. Sayuran berwarna putih ini dikenal memiliki jumlah kalori yang sangat rendah, dengan jumlah vitamin yang sangat tinggi. Bahkan, sayur kol mengandung hampir setiap vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menyehatkan saluran cerna

Sayur kol mengandung jumlah serat relatif tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Serat merupakan satu di antara kebutuhan gizi yang wajib dipenuhi karena memberikan asupan bagi bakteri sehat di dalam usus yang bertugas membantu menurunkan peradangan dan mendukung kesehatan saluran cerna.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Sayur Kol

3. Menangkal radikal bebas

Sayur kol merupakan satu di antara sumber antioksidan yang baik. Apabila dikonsumsi pada jumlah tepat setiap hari, kol dapat dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kol memiliki berbagai sifat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sayur satu ini memiliki jumlah kalori yang rendah, karenanya dapat digunakan sebagai substitusi dari makanan berkalori tinggi, seperti nasi dan tepung.

Selain itu, karena mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, kol dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini kemudian membuat Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Sayur Kol

5. Sistem saraf lebih sehat

Sayur kol merupakan satu di antara sumber choline (kolin) yang baik. Kolin memiliki beberapa peran penting pada tubuh, termasuk mempertahankan integritas membran sel, menyusun deoxyribonucleic acid (DNA) alias materi genetik tubuh, dan mendukung metabolisme.

Kolin dalam sayur kol juga terlibat pada perkembangan otak yang penting untuk menjunjung sistem persarafan yang sehat.

6. Mencegah penyakit mematikan

Kol mengandung sulforaphane, yaitu sejenis antioksidan yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Sulforaphane diduga memiliki banyak manfaat untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, penyakit jantung dan diabetes.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/7/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer