Sukses


Jenis-Jenis Akar pada Tumbuhan, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya menjulur ke dalam tanah. Akar merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari tumbuhan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat dan pengisap air serta zat makanan.

Secara umum, akar berfungsi menyerap air dan zat hara atau nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan. Adapun akar biasanya berwarna putih atau kekuning-kuningan dan berbentuk runcing sehingga lebih mudah untuk menembus tanah.

Ada berbagai jenis akar pada tumbuhan. Jenis-jenis ini dibagi berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berdasarkan bentuknya, jenis akar pada tumbuhan terbagi jadi dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis akar pada tumbuhan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman gurupendidikan.co.id, Kamis (10/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Anatomi Akar

1. Epidermis

Epidermis pada akar terdiri dari satu lapisan sel yang tersusun rapat, dengan dinding sel epidermis yang tipis. Hal ini berfungsi agar dapat dengan mudah menembus air.

2. Korteks

Korteks pada akar terdiri dari berbagai macam sel yang membentuk beberapa lapisan sel yang berdinding tipis serta memiliki banyak ruang antarsel yang berfungsi sebagai pertukaran gas. Pada korteks terdapat parenkim, sklerenkim, serta kolenkim.

3. Endodermis

Endodermis pada akar terletak di sebelah dalam korteks, yang berupa satu barisan sel tersusun secara rapat tanpa adanya ruang antarsel. Dinding sel pada endodermis mengalami penebalan gabus membentuk pita caspary.

Penebalan gabus dapat menyebabkann dinding sel tidak dapat menembus air.

4. Stele atau Silinder Pusat

Stele terletak di sebelah endodermis. Di antara stele terdapat berkas pengangkutan. Stele tersusun dari berbagai macam jaringan, seperti perisikel (lapisan terluar stele), Vasis (terdiri dari xylem dan floem).

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Akar

Akar Serabut

Jenis akar serabut ini terdapat pada tumbuhan monokotil. Meskipun ada tumbuhan dikotil yang juga bisa memilikinya. Fungsi utama dari akar serabut yakni untuk memperkukuh berdirinya tumbuhan.

Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pohon pisang, kelapa, padi, tebu, papaya, salak, dan lain sebagainya.

Akar Tunggang

Jenis akar tunggang ini biasanya terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang memiliki fungsi utama sebagai penyimpan makanan.

Akar tunggang merupakan akar lembaga yang tumbuh terus-menerus menjadi akar pokok yang kemudian bercabang menjadi akar yang lebih kecil.

Contoh tumbuhan berakar tunggang ialah kacang hijau, kacang tanah, asam jawa, putri malu, durian.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Akar

Akar Gantung

Akar gantung ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung.

Akar jenis ini berfungsi untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung ini adalah beringin dan anggrek.

Akar Napas

Jenis akar yang satu ini yang tumbuh keluar dari batang pada bagian bawah. Akar napas biasanya sebagian muncul di suatu permukaan tanah dan juga ada yang sebagian lagi yang berada di dalam tanah.

Akar ini bisa terlihat seperti sedang menopang tegaknya pada sebuah batang. Akar napas memiliki banyak celah untuk masuknya suatu udara. Hal itu mempunyai fungsi untuk bernapas.

Tumbuhan yang mempunyai akar napas contohnya bakau dan pandan.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Akar

Akar Pelekat

Akar pelekat adalah jenis akar yang tumbuhnya di sepanjang batang. Akar pelekat ini biasanya ada pada tumbuhan yang tumbuh memanjat.

Akar pelekat mempunyai fungsi untuk melekatkan batang pada sebuah tembok atau tumbuhan yang lainnya. Satu di antara contoh tumbuhan yang memiliki akar pelekat ialah sirih.

Akar Primer

Akar primer adalah akar yang terus tumbuh membesar dan memanjang. Akar ini akan menjadi akar pokok yang menopang. Akar primer sering juga disebut dengan akar tunggang dan akar lembaga.

 

Sumber: Guru Pendidikan

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer