Sukses


Manfaat Mandi di Malam Hari sebelum Tidur yang Tak Banyak Diketahui

Bola.com, Jakarta - Mandi merupakan kebutuhan utama setiap individu dan umumnya dilakukan dua kali sehari. Mandi pagi hari menjadi kegiatan yang sering dilakukan sebelum menjalani aktivitas harian.

Sementara mandi kedua biasanya dilakukan sebagian orang saat baru sampai rumah setelah beraktivitas. Ada individu yang bisa mandi sore hari dan ada juga yang baru mandi malam hari sebelum tidur.

Bagi yang memilih untuk melakukannya di malam hari, sebenarnya dapat mendapatkan manfaat kesehatan.

Mungkin, ada banyak perdebatan tentang mandi malam sebelum tidur. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa mandi malam bisa berbahaya bagi kesehatan.

Padahal, kebiasaan mandi di malam hari justru bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat mandi malam bagi kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat mandi di malam sebelum tidur yang tak banyak diketahui, seperti dilansir dari Bright Side via Liputan6, Rabu (23/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Mandi di Malam Hari

1. Membantu Tertidur Lebih Cepat

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran jadi rileks. Ketika melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga bisa membuat kualitas tidur lebih baik.

Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur diklaim bisa membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang bisa mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

2. Baik untuk Kulit

Mandi sebelum tidur bisa membantu mencegah jerawat. Rambut mengumpulkan bakteri dan kotoran sepanjang hari, jadi saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran akan berpindah ke sarung bantal Anda dan kemudian ke wajah Anda.

Lantaran kulit beregenerasi saat kita tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mandi di Malam Hari

3. Rambut Lebih Sehat

Jika keramas di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk membiarkannya mengering secara alami. Hal ini akan membuat rambut berkilau karena membantu mengunci kelembapan.

Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dengan menggunakan hair dryer bisa merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4. Melawan Keringat Berlebih

Meski mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, nyatanya mandi di malam hari bisa membantu Anda mencegah bau badan.

Mandi air dingin sebelum tidur bisa membantu mengurangi keringat malam yang dialami banyak individu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mandi di Malam Hari

5. Mencegah Kram Otot

Jika otot terasa nyeri dan pegal setelah seharian bekerja, mandi air hangat bisa membantu meredakan nyeri pada tubuh. Saat air hangat mengenai tubuh, bisa membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam yang lebih baik.

Mandi air hangat juga bisa mencegah kram kaki di malam hari, kondisi umum yang memengaruhi hingga 60 persen orang.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Bagi yang sedang merasa lelah atau penat setelah bekerja seharian, cobalah untuk mandi malam hari setelah sampai di rumah. Mandi malam bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Berendam dengan air hangat atau langsung menikmatinya dari shower juga bisa merelaksasi otot dan pikiran. Anda bisa menambahkan minyak esensial pada air rendaman atau menyalakan lilin aromaterapi agar pikiran dan suasana hati kian membaik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mandi di Malam Hari

7. Bangun Lebih Segar Esok Hari

Mandi malam setelah beraktivitas bisa membuat kualitas tidur Anda meningkat. Alhasil, esok harinya, bisa bangun dengan kondisi segar dan suasana hati yang baik.

Hal ini membuat Anda lebih siap untuk melakukan segala rutinitas harian.

 

Sumber asli: Bright Side

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 22/8/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer