Sukses


Macam-Macam Aktivitas untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Bola.com, Jakarta - Menjaga imun tubuh menjadi bagian dari keseharian yang tidak boleh terlupakan. Imun dipahami sebagai daya tahan tubuh. Imun juga bisa berarti kebal terhadap penyakit.

Dengan begitu, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga imun tubuh dalam berbagai kondisi, terutama masa pandemi atau wabah penyakit. Memiliki imunitas yang bagus berarti meminimalkan potensi terkena penyakit.

Sebaliknya, saat imun lemah, tubuh lebih mudah terinfeksi dan jatuh sakit.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan imun tubuh. Pada dasarnya, sistem imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur.

Selain itu, ada bisa menjaga serta meningkatkan imun dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk menghindari stres, dan mengonsumsi suplemen. Ada juga bisa melakukan beberapa aktivitas tertentu. Apa saja aktivitas itu?

Berikut macam-macam aktivitas yang dapat meningkatkan imun tubuh, disadur dari Klikdokter, Kamis (24/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Aktivitas untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Berlari

Aktivitas fisik, seperti berlari-lari, membuat antibodi atau sel darah merah akan bersirkulasi lebih cepat sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal.

Tidak hanya itu, kenaikan singkat suhu tubuh selama dan sesaat setelah aktivitas ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Bertualang di alam

Sebuah studi menunjukkan, seorang pria yang menghabiskan enam jam untuk menjelajah di alam, seperti hutan, memiliki tingkat sel pembunuh alami. Aktivitas ini sekaligus dapat memperkuat kekebalan tubuh serta membantu melawan kanker.

Para peneliti juga menemukan bahwa efek sehat dari kegiatan di alam dapat bertahan dalam tubuh setidaknya hingga 30 hari.

Jika Anda tak memiliki cukup waktu untuk benar-benar bertualang di hutan, Anda bisa menjadikan kebun rumah atau taman kota sebagai alternatifnya.

Hal itu karena prinsip utama kegiatan yang meningkatkan sistem imun ini adalah pergi ke luar ruangan dan menyatu dengan alam.

Meditasi

Berdiam di dalam rumah, seperti yang banyak dilakukan selama pandemi COVID-19, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi.

Studi mendapati, meditasi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

Meditasi secara teratur dan konsisten juga dapat membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi yang stres dan banyak tekanan.

3 dari 3 halaman

Aktivitas untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Memukul drum

Siapa yang sangka kalau memukul drum termasuk aktivitas yang meningkatkan imunitas?

Periset dari pusat kesehatan di Pennsylvania, California, Amerika Serikat, menemukan bahwa seorang pemukul drum alias drummer cenderung memiliki sistem imun tubuh yang baik.

Yang lebih menarik, saat Anda melakukan kegiatan ini secara berkelompok, tingkat imunitas Anda mungkin akan benar-benar mencapai tingkat terbaik.

Jika Anda tidak terlalu percaya diri atau tidak memiliki banyak waktu untuk bermain drum, pukullah beberapa panci atau benda-benda lain sebagai alternatifnya.

Namun, ingat, jangan sampai membuat bising lingkungan sekitar ya!

Bersenang-senang

Energi positif dan mood yang baik berperan penting dalam mencegah berbagai virus penyebab penyakit.

Selain itu, memanjakan serta memberi kesenangan pada diri Anda adalah satu cara yang dapat ditempuh.

Ada banyak cara meningkatkan imun tubuh dengan bersenang-senang, seperti, menonton televisi, bersantai, menjalani hobi atau kegiatan favorit, atau liburan selama beberapa hari.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa Anda lakukan sendiri, bersama pasangan, atau bersama teman-teman agar lebih seru.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/6/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer