Sukses


5 Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Belakangan ini, berkebun menjadi kegiatan yang makin populer di masyarakat. Satu di antara penyebabnya, perubahan kebiasaan akibat pandemi COVID-19.

Pandemi COVID 19 yang sudah dua tahun terjadi membuat kebiasaan orang mengalami perubahan. Satu di antaranya dengan lebih banyak berada di rumah dan hanya keluar rumah untuk kepentingan mendesak.

Lebih sering berada di rumah membuat sebagian dari kita mencari kegiatan positif agar tidak jenuh. Nah, berkebun menjadi pilihan pas. Pasalnya, berkebun bisa dilakukan di halaman depan maupun belakang rumah.

Bahkan, banyak yang sengaja "mengisi" rumah dengan berbagai tanaman hias. 

Apabila Anda termasuk salah seorang yang suka berkebun, Anda bisa mempertahankan hobi ini. Hal ini karena berkebun memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan manfaat dari berkebun, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (4/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Menyehatkan jantung

Saat mencangkul, menanam, menyiram tanaman, Anda sekaligus membakar kalori dan menguatkan jantung. Menurut WebMD, kegiatan seperti berkebun mungkin sama baiknya dengan olahraga kardio dalam hal mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan paparan vitamin D

Vitamin D berperan dalam meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh, yang menunjang kesehatan tulang dan sistem daya tahan tubuh.

Menurut The National Institute of Health, sebuah penelitian yang dilakukan di Italia pada 2014 menemukan bahwa ekspos terhadap sinar matahari membantu individu lanjut usia mencapai target kadar vitamin D dalam darah.

Maka itu, aktivitas di luar ruangan seperti berkebun merupakan hal yang ideal untuk mendapatkan ekspos sinar matahari, sembari melakukan hobi yang digemari. 

Akan tetapi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dan kacamata hitam untuk mata.

3. Meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Science, aktivitas berkebun dapat membantu menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Penyebabnya adalah terdapat bakteri baik di tanah.

Jadi, seseorang yang suka berkebun akan lebih mudah melawan infeksi dan mencegah penyakit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental

4. Kotor bisa membuat bahagia

Sebuah studi menunjukkan bahwa berkebun dapat membuat Anda lebih bahagia. Menurut hasil studi tersebut, menghirup M. vaccae, bakteri sehat yang hidup di tanah, dapat meningkatkan kadar serotonin (hormon yang berperan mengendalikan emosi dan suasana hati) dan mengurangi kecemasan.

Anda mendapatkan M. vaccae hanya dengan berjalan-jalan di alam liar atau berjalan-jalan di taman. Aktivitas sederhana ini dapat menciptakan keadaan pikiran yang bahagia.

5. Mengurangi stres

Sebuah penelitian di Belanda meminta dua kelompok orang untuk menyelesaikan tugas yang membuat stres. Kemudian, satu kelompok diberi tugas tambahan berkebun, sementara yang lainnya tidak.

Hasilnya, aktivitas berkebun selama 30 menit pada kelompok menghasilkan kadar kortisol yang lebih rendah.

Kortisol adalah hormon yang terkait dengan stres. Jadi, ketika Anda punya hari yang sulit, lakukan berkebun sejenak untuk mengurangi kadar stres Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 1/5/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer