Sukses


6 Cara Alami Mengatasi Kemerahan di Wajah, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Masalah kemerahan di wajah dapat meresahkan mengingat dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Kemerahan yang muncul biasanya berupa ruam dan warna kulit wajah yang berubah menjadi warna merah pada titik tertentu.

Kemerahan di wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti memiliki penyakit tertentu, faktor cuaca, hingga alergi terhadap obat atau produk skincare.

Untuk itu, Anda harus mencari cara mengatasi masalah kulit yang satu ini agar kembali normal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemerahan di wajah yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Berikut ini beberapa cara alami mengatasi kemerahan di wajah, dikutip dari laman Skinkraft dan Mindbodygreen, Selasa (22/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Kemerahan di Wajah

1. Mengompres dengan Es Batu

Untuk mengatasi masalah kemerahan di wajah, Anda bisa manfaatkan kain atau handuk kecil bersih yang telah dibungkus es, lalu tempelkan pada kulit wajah selama beberapa menit dan rasakan manfaatnya.

Suhu dingin bisa membantu mengontraksi pembuluh darah yang terletak di bawah kulit sehingga kemerahan bisa berkurang. Cara ini juga bisa mengurangi ruam dan peradangan yang terjadi.

2. Lidah Buaya

Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya untuk mengatasi kulit wajah yang memerah. Cara ini dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan yang memicu wajah memerah.

Cara mengaplikasikannya juga mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang bermasalah. Tunggu hingga kering sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan hal ini secara rutin dan berkala hingga kulit wajah kembali normal.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Kemerahan di Wajah

3. Mentimun

Cara menghilangkan kemerahan di wajah selanjutnya adalah dengan mentimun. Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan kemerahan di wajah, menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

Prosesnya terbilang mudah karena Anda hanya perlu mengiris mentimun dan mendinginkannya di dalam kulkas sebelum menempelkannya di permukaan wajah. Diamkan hingga irirsan-irisan mentimun itu tidak lagi terasa dingin. Ulangi cara ini setiap hari dan rasakan manfaatnya.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan pada wajah. Teh hijau juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV, yang menjadi faktor umum penyebab kemerahan pada kulit wajah.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Kemerahan di Wajah

5. Oatmeal Koloid

Oatmeal koloid merupakan jenis oatmeal yang biasanya digunakan sebagai satu di antara bahan lotion. Oatmeal koloid ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dapat memicu kemerahan.

Oatmeal koloid memiliki kemampuan yang menenangkan kulit, yang didapat dari sifat antiinflamasi dan pelembap yang ada di dalamnya.

6. Madu Manuka

Menurut penelitian, menggunakan madu manuka dapat memiliki banyak manfaat penyembuhan kulit. Madu manuka memiliki sifat antiinflamasi sehingga berpotensi mengurangi kemerahan.

Sifatnya yang menenangkan dan menyembuhkan kemungkinan berasal dari sifat antimikroba dan antioksidan madu manuka. Cara ini juga bisa membantu mengatur sistem kekebalan kulit dan meningkatkan perbaikan jaringan.

 

Sumber: Skinkraft, Mindbodygreen

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer