Sukses


7 Cara Perawatan Lensa Kotak yang Benar

Bola.com, Jakarta - Lensa kotak menjadi satu di antara solusi atas gangguan penglihatan yang dialami. Banyak di antara kita yang memilih menggunakan lensa kotak ketimbang kacamata. Lensa kotak bisa digunakan sebagai solusi mata minus.

Beberapa alasan penggunaan lensa kotak termasuk alasan estetika, yakni mampu mendongkrak penampilan seseorang. Lalu, bentuknya yang mirip kornea mata dianggap lebih praktis daripada memakai kacamata.

Meski begitu, pemakaian lensa kotak apalagi untuk penggunaan sehari-hari sebaiknya tetap dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Di sisi lain, lensa kotak merupakan alat medis yang aman, hanya apabila digunakan secara bertanggung jawab.

Bagi Anda pengguna lensa kotak ataupun yang berniat menggunakan lensa kotak, perlu mengetahui cara merawat lensa kotak agar tetap aman digunakan.

Jika perawatan tidak dilakukan secara benar maka bisa terjadi infeksi pada mata, dan mata Anda bisa menjadi taruhannya.

Berikut ini beberapa cara perawatan lensa kotak yang benar, disadur dari Klikdokter, Rabu (23/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Perawatan Lensa Kotak yang Benar

Berikut ini cara merawat lensa kontak agar tetap aman digunakan:

1. Perhatikan masa pemakaian

Cara merawat lensa kontak yang pertama adalah dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsa lensa. Biasakan selalu membaca tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan. Sebab, lensa tidak dijamin aman jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Jika sudah lewat tanggal kedaluwarsa, cairan yang terdapat bersama dengan lensa dapat menjadi kurang stabil. Cairan tersebut dapat bersifat lebih asam atau basa, serta dapat merusak lensa.

2. Lepas lensa kotak sebelum tidur

Perawatan lensa kontak dapat dilakukan dengan melepas lensa kontak sebelum tidur. Kendati dapat digunakan sehari-hari, sebaiknya lensa kontak tidak digunakan secara terus-menerus.

Lepas lensa kontak sebelum tidur, mengingat fungsi air mata untuk lubrikasi mata berbeda saat Anda tidur dan terjaga. Penggunaan lensa kontak saat tidur dapat menyebabkan lensa tersebut kering.

Jika suatu hari Anda lupa melepaskan lensa kontak sebelum tidur, pastikan Anda meneteskan cairan lensa kontak atau tetes mata terlebih dahulu sebelum melepas lensa kontak pada pagi harinya.

3 dari 5 halaman

Cara Perawatan Lensa Kotak yang Benar

3. Hindari aktivitas yang membuat air masuk ke mata

Cara menjaga kebersihan lensa kotak bisa dilakukan dengan menghindari penggunaannya saat mandi, berendam, berenang, ataupun melakukan berbagai kegiatan lain yang berpotensi menyebabkan air masuk ke mata.

Hal tersebut sejalan dengan FDA yang merekomendasikan bahwa lensa kontak tidak boleh terkena air jenis apa pun, termasuk air keran, air kolam renang, air laut, serta air panas.

Alasannya, air dapat mengandung berbagai bakteri atau mikroba, satu di antaranya Acanthamoeba yang dapat menyebabkan kerusakan pada kornea.

Selain cairan pembersih lensa, air dapat menyebabkan lensa menjadi lebih kaku dan menyebabkan sulit untuk dilepaskan dari mata.

Lensa yang berpori juga menyebabkan kemungkinan bahan kimia dan bakteri dari air masuk ke lensa. Hal ini meningkatkan risiko infeksi serta iritasi pada mata.

4 dari 5 halaman

Cara Perawatan Lensa Kotak yang Benar

4. Bersihkan lensa kotak secara rutin

Saat akan menyentuh lensa kontak, Anda wajib mencuci tangan. Cuci tangan dengan sabun, lalu keringkan. Setelah dilepas, lensa kontak sebaiknya dicuci. Cara membersihkan lensa kontak, sebagai berikut:

  • Letakkan lensa kontak di telapak tangan.
  • Teteskan cairan pembersih.
  • Gosok lembut menggunakan jari telunjuk dengan gerakan maju dan mundur.
  • Setelah dicuci, simpan lensa kontak di dalam wadah penyimpanan.

Perlu diketahui, pembersihan dan penyimpanan lensa kontak wajib menggunakan cairan khusus dan wadah penyimpanan khusus untuk lensa kontak.

Ganti cairan penyimpanan lensa kontak setiap hari sehabis pemakaian. Saat ini, telah tersedia multipurpose solution, yaitu cairan multifungsi yang dapat digunakan untuk mencuci dan menyimpan lensa kontak.

Selain itu, jangan gunakan cairan lain yang tidak khusus dibuat untuk penyimpanan lensa kontak, misalnya air biasa atau cairan saline.

5 dari 5 halaman

Cara Perawatan Lensa Kotak yang Benar

5. Perhatikan kebersihan wadah penyimpanan

Selain lensa kontak, wadah penyimpanannya juga perlu dijaga kebersihannya. Jika wadah penyimpanan rusak, segera ganti. Meski belum rusak, wadah penyimpanan tetap perlu diganti secara rutin setiap tiga bulan sekali.

Cara membersihkan wadah penyimpanan lensa kontak bisa dilakukan dengan menuangkan cairan pembersih khusus untuk lensa kontak, lalu keringkan menggunakan tisu bersih.

6. Jangka waktu penyimpanan lensa kotak

Jika Anda menyimpan lensa kontak di dalam wadah dalam jangka waktu lama, pastikan untuk mencuci lensa kontak sebelum memakainya kembali. 

Hindari pemakaian lensa tanpa mencucinya jika disimpan dalam wadah selama 30 hari atau lebih.

7. Gunakan tetes mata khusus

Saat menggunakan lensa kontak sepanjang hari, mata Anda dapat terasa kering. Gunakan tetes mata khusus pemakai lensa kontak untuk membasahi mata dan melembapkan lensa.

Bacalah label yang tertera pada kemasan dengan baik. Jangan sembarang memakai tetes mata saat menggunakan lensa kontak karena dapat merusak lensa dan menyebabkan iritasi pada mata.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/8/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer