Sukses


Manfaat Mendengarkan Musik Klasik saat Hamil, Bantu Tingkatkan Kecerdasan Spasial Anak

Bola.com, Jakarta - Musik klasik merupakan satu di antara genre yang dianggap memiliki nilai seni tinggi. Musik klasik dikenal sebagai satu di antara jenis musik bernada lembut dan santai.

Biasanya musik klasik banyak didengarkan oleh orang-orang yang butuh ketenangan. Melodinya yang pelan dan lembut mampu membantu pikiran dan tubuh kita lebih santai.

Musik klasik diketahui dapat memberikan banyak manfaat. Musik klasik memberikan dampak positif bagi siapapun yang mendengarnya, baik anak-anak hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil.

Musik klasik disebut memiliki sejumlah manfaat bagi janin bila diperdengarkan selama hamil. Mungkin tidak banyak yang tahu, mendengarkan musik klasik saat hamil bisa memberikan sejumlah manfaat.

Bagi ibu hamil pasti penting mengetahui manfaat mendengarkan musik klasik agar bisa langsung mencobanya. Apa saja manfaat mendengarkan musik klasik selama hamil?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat mendengarkan musik klasik saat hamil, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (24/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kecerdasan Spasial

Mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan spasial anak, khususnya bila didengarkan saat hamil. Hal ini dikarenakan musik klasik mengaktifkan regio di otak yang mengatur kecerdasan spasial, yaitu kemampuan memahami ruang serta kemampuan matematika.

Anak yang diperdengarkan musik klasik akan mampu menyelesaikan permainan yang menuntut kecerdasan spasial, seperti puzzle.

3 dari 6 halaman

2. Membangun Kemampuan Memori

Musik klasik dapat meningkatkan kemampuan memori anak. Musik klasik memudahkan anak mengingat hal-hal penting atau momen-momen tertentu dalam hidupnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Mempererat Hubungan antara Ibu dan Anak

Manfaat lainnya lagi adalah musik memberikan kesempatan berkualitas bagi anak dan orang tua. Bila saat mendengarkan musik, ibu hamil juga berkomunikasi dengan janinnya, hal tersebut akan meningkatkan ikatan antara ibu dan anak.

Saat sudah lahir nanti, bayi akan merasakan kelekatan hubungan dengan ibunya. Hal ini tentu penting mengingat ikatan antara ibu dan bayi memiliki segudang efek positif.

5 dari 6 halaman

4. Membuat Ibu Lebih Rileks

Terakhir, mendengarkan musik klasik akan membuat ibu lebih rileks. Pikiran seorang ibu hamil cenderung dipenuhi oleh kekhawatiran. Hal tersebut tentu berdampak tidak baik bagi janin.

Dengan mendengarkan musik klasik, dapat membantu mengurangi gelisah pada ibu. Ibu yang santai dan selalu tenang akan membantu janin berkembang lebih stabil.

6 dari 6 halaman

Catatan . . .

Perlu diketahui, ada hal penting untuk Anda ingat saat mendengarkan musik. Sebaiknya Anda menggunakan alat pemutar musik biasa dibandingkan mendekatkan headphone ke perut.

Menempelkan headphone langsung ke perut bisa membuat bayi mengalami stimulasi berlebih akibat paparan musik dengan intensitas dan volume yang besar. Cukup putar musik di ruangan dengan volume biasa. Dengan demikian, baik Anda maupun janin akan mendapatkan manfaatnya.

Selain itu, Anda harus memahami bahwa mendengarkan musik klasik tidak serta-merta membuat anak jadi lebih cerdas dalam segala bidang.

Sebenarnya, tidak semua peneliti sepakat akan manfaat kecerdasan yang telah dijelaskan di atas, karena berbagai studi yang dilakukan belum secara konsisten menunjukkan efek positif.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, tidak ada salahnya memperdengarkan musik klasik kepada janin selama hamil. Bila dilakukan dengan cara yang tepat, musik klasik akan membuat ibu rileks, janin berkembang dalam kondisi yang stabil, serta hubungan ibu dan janin yang kuat pada kemudian hari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/2/2019).

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer