Sukses


Macam-Macam Minuman untuk Memaksimalkan Diet

Bola.com, Jakarta - Saat menjalankan program diet, kita biasanya cenderung lebih fokus terhadap makanan yang kita konsumsi. Padahal, minuman atau asupan cairan sama pentingnya.

Sama halnya makanan, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari ketika menjalankan diet. 

Hal ini karena disadari atau tidak, ada jenis-jenis minuman yang sering Anda konsumsi, biasanya mengandung kalori berlebih, satu di antaranya jus kemasan yang dijual di pasaran maupun minuman-minuman kekinian.

Itulah mengapa, di samping mengosumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin, Anda harus memperhatikan asupan cairan Anda.

Minuman diet berfungsi membantu program diet agar berjalan maksimal sehingga hasilnya juga optimal.

Berikut macam-macam minuman untuk membantu memaksimalkan diet Anda, disadur dari Klikdokter, Jumat (25/3/2022)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Minuman untuk Memaksimalkan Diet

1. Air Putih

Air putih adalah minuman yang paling bagus untuk orang sedang diet. Minum air putih delapan gelas sehari sering dianjurkan dokter untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Minum air putih juga dapat menekan rasa lapar. Ketika seseorang merasa lapar terus-menerus, ada kemungkinan ia hanya haus atau butuh air minum. 

Usahakan untuk minum satu sampai dua gelas air putih sebelum waktu makan agar asupan kalori bisa diminimalkan.

2. Teh hijau

Berdasarkan penelitian yang terbitkan oleh Journal of the American College of Nutrition, teh hijau dapat menurunkan berat badan. Penelitian tersebut meminta beberapa partisipan untuk minum empat gelas teh hijau setiap hari selama dua bulan.

Hasilnya, peserta yang minum teh hijau mengalami penurunan berat sebanyak 2.7 kg lebih banyak dibandingkan dengan orang yang hanya minum air putih.

Studi lain dari European Journal of Nutrition juga menyatakan hal serupa. Orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Disarankan untuk memilih teh hijau segar dan jangan ditambahkan pemanis.

3. Kopi

Kopi tidak hanya bermanfaat untuk menahan kantuk, minuman ini juga bagus diminum saat sedang diet. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Journal of Sports Medicine and Physical Fitness, partisipan yang mengonsumsi kopi sebelum berolahraga memiliki stamina yang meningkat.

Latihan fisik peserta penelitian juga dilaporkan meningkat sebanyak 20 persen lebih tinggi setelah minum kopi. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah kopi hitam tanpa krim, sirup, pemanis, atau campuran lain yang bisa menambah kalori.

3 dari 4 halaman

Minuman untuk Memaksimalkan Diet

4. Jus sayur dan buah

Sayur dan buah paling baik dimakan langsung. Namun, terkadang kesibukan yang tinggi membuat Anda tidak sempat mengolah sayur atau buah, sehingga memilih mengonsumsi keduanya dalam bentuk jus.

Jangan khawatir, minuman yang terbuat dari sayuran juga punya nutrisi yang sama dengan jus buah. Bahkan, kalori jus sayur bisa lebih rendah dibandingkan jus buah.

Sebagai contoh, segelas jus tomat mengandung 41 kalori, sementara itu segelas jus jeruk bisa mencapai 122 kalori. Apabila ingin membuat jus sendiri di rumah, pilihlah sayur atau buah yang mengandung serat tinggi agar perut bisa kenyang lebih lama.

5. Susu rendah lemak

Susu tidak perlu dihindari ketika diet karena susu kaya akan zat kalsium. Mengonsumsi minuman berkalsium tinggi baik untuk kesehatan, tidak terkecuali saat sedang diet.

Ketika menjalani program diet, dianjurkan untuk memilih susu rendah lemak agar asupan kalori tetap seimbang. Minum susu rendah lemak juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

6. Susu protein

Susu protein adalah minuman yang dikenal untuk orang yang ingin membentuk otot. Minuman tinggi protein juga dapat menekan rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dibuktikan di dalam sebuah studi yang menguji 90 orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan. Mereka yang mengonsumsi 56 gram protein whey setiap hari selama 23 minggu dilaporkan mengalami kehilangan kadar lemak sebanyak 2,3 kg.

4 dari 4 halaman

Minuman untuk Memaksimalkan Diet

7. Cuka apel

Cuka apel mengandung senyawa asam asetat yang mampu merangsang penurunan berat badan. Asam asetat bekerja dengan cara menurunkan kadar insulin, menekan nafsu makan, membakar lemak, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Ada sebuah studi yang menguji khasiat cuka apel untuk diet. Peneliti menguji 144 orang dewasa obesitas dan mereka diberi instruksi untuk mengonsumsi dua sendok makan cuka apel (20 ml.)

Hasilnya, berat badan peserta dan lemak di perut berkurang, lingkar pinggang mereka pun mengecil. Hasil ini berlaku ketika dibandingkan dengan peserta lain yang hanya diberi plasebo. 

Namun, perlu diperhatikan, minuman asam seperti cuka apel dapat merusak gigi dan merangsang naiknya asam lambung. Sebaiknya, konsumsi secukupnya dan diikuti dengan berkumur dengan air putih.

8. Teh jahe

Jahe adalah rempah alami yang populer di Indonesia. Minuman yang terbuat dari jahe sering dikonsumsi untuk meredakan mual, pilek, kedinginan, dan radang tenggorokan.

Sebuah penelitian menemukan khasiat jahe untuk menurunkan berat badan tikus. Hewan pengerat tersebut melakukan diet tinggi lemak dan diberikan lima persen kandungan bubuk jahe selama empat minggu.

Hasilnya, tikus mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Kadar kolesterol tikus juga dilaporkan menurun.

Selain itu, penelitian yang diuji kepada manusia menemukan bahwa teh jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori. Akan tetapi, jangan menambahkan terlalu banyak gula dalam teh jahe Anda.

9. Infused water

Infused water dapat dikonsumsi apabila Anda kurang suka minum air putih yang rasanya tawar. Infused water dapat dibuat sendiri di rumah. 

Caranya mudah, campur air mineral, sesendok madu, dan tambahkan beberapa macam buah seperti lemon yang sudah dipotong tipis-tipis.

Anda juga bisa mengombinasikan beberapa buah lain yang Anda suka di dalam minuman untuk diet ini. Selain dapat mencukupi kebutuhan cairan harian, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin dari buahnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/10/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer