Sukses


4 Cara Menjalani Puasa Sehat dan Aman bagi Pengidap Hipertensi

Bola.com, Jakarta - Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Namun, bagi pengidap hipertensi, menjalani ibadah puasa bisa menghadirkan kekhawatiran tersendiri. Pengidap hipertensi lebih sensitif mengalami keluhan saat menjalankan puasa.

Hipertensi adalah kondisi yang menyebabkan tekanan darah seseorang melonjak atau melebihi batas normal.

Secara umum, tekanan darah normalnya berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmH. Seseorang diduga mengidap hipertensi jika tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg.

Mereka yang mengidap penyakit hipertensi bisa mengalami kondisi, seperti sakit kepala, penglihatan buram, mual, telinga berdenging, kelelahan, nyeri dada, detak jantung tidak beraturan, dan sesak napas.

Jika mengalami keluhan tersebut, tentunya akan mengganggu kenyamanan serta bisa menyulitkan dalam menjalani puasa secara lancar.

Untuk menjaga tubuh tetap prima dan menghindari situasi di atas di bulan Ramadan, pengidap hipertensi perlu menjaga tekanan darah agar tetap terkendali.

Berikut ini beberapa cara menjalani puasa sehat dan aman bagi pengidap hipertensi, disadur dari Merdeka, Sabtu (9/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Jalani Puasa Sehat dan Aman bagi Penderita Hipertensi

1. Kurangi Makanan Tinggi Garam

Makanan yang terlalu banyak garam merupakan pemicu tekanan darah tinggi. Pastikan konsumsi makanan jenis ini dikurangi. Ada baiknya Anda membuat makanan khusus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika puasa, dehidrasi sering menjadi kendala tersendiri. Maka pastikan asupan air putih cukup baik. Manfaatkan momen sahur dan buka puasa untuk minum air putih secukupnya, seperti menerapkan pola 2-4-2.

Jadi, dalam sehari Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan minum delapan gelas air putih per hari.

Anda bisa minum dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat makan malam (setelah salat tarawih), dan dua gelas air putih saat sahur.  Dengan demikian kebutuhan air terpenuhi dengan baik.

3 dari 3 halaman

Cara Jalani Puasa Sehat dan Aman bagi Penderita Hipertensi

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang paling penting dan harus selalu tersedia pada menu makan sahur atau berbuka.

Buah dan sayur memiliki senyawa yang dapat mengurangi efek natrium pada darah. Ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil selama berpuasa.

4. Lakukan Olahraga secara Rutin

Saat berpuasa, sebaiknya Anda tetap rutin berolahraga. Berolahraga secara rutin dapat membantu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Ketika berpuasa, pilih olahraga dengan intensitas yang ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Lakukan olahraga tersebut secara rutin, selama 30 menit setiap hari.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 13/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer