Sukses


Cara Mengelola Uang THR agar Lebih Bermanfaat dan Tidak Boros

Bola.com, Jakarta THR merupakan kependekan dari Tunjangan Hari Raya. THR adalah pendapatan yang wajib dibayarkan pemberi kerja kepada pekerja menjelang hari raya keagamaan.

Adapun hari keagamaan yang dimaksud ialah Hari Raya Idulfitri. Meski, ada beberapa perusahaan yang memberikan THR menjelang hari Raya Natal, Nyepi, Waisak maupun Imlek. Namun, biasanya THR diberikan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Itulah mengapa Hari Raya Idulfitri atau Lebaran menjadi satu di antara momen yang paling ditunggu di Indonesia. Momen Lebaran menjadi makin membahagiakan dengan adanya THR tersebut.

Namujn, biasanya uang THR akan cepat habis. Hal itu karena banyaknya kebutuhan dan harga yang melonjak menjelang hari raya.

Maka itu, jangan sampai salah dalam mengelola THR sehingga sudah habis duluan sebelum semua kebutuhan lebaran terpenuhi. Jadi, harus bisa mengelolanya agar bisa bermanfaat

Berikut ini rangkuman tentang cara mengelola THR agar lebih bermanfaat dan tidak boros, seperti disadur dari Liputan6.com, Rabu (20/4/2022).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Sisihkan 10-30 persen untuk Bayar Utang

Dalam mengelola uang THR tak melulu soal lebaran, Anda juga harus menggunakan uang THR untuk keperluan lainnya yang bermanfaat, yaitu melunasi utang.

Sisihkan 10 hingga 30 persen dari THR Anda untuk membayar utang yang dimiliki. Dengan begini, maka Anda akan mengurangi beban pikiran dan tingkat stres yang ditimbulkan.

3 dari 6 halaman

2. Belanja Pakaian dan Perlengkapan Ibadah Seperlunya

Saat Lebaran, tidak semuanya harus serba baru, seperti pakaian, gadget, dan lainnya. Namun yang terpenting dalam perayaan Hari Raya Idulfitri adalah kebersamaan dalam menjalin hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang erat.

Untuk itu, sebaiknya Anda jangan berlebihan dalam membelanjakkan uang THR Anda hanya untuk membeli pakaian baru.

Apalagi, jika ternyata Anda masih memiliki barang lama, seperti baju atau sepatu yang masih layak untuk dipakai ketika lebaran.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan untuk Membeli Makanan

Setelah melunasi utang, gunakannlah sebagian uang tersebut untuk membeli makanan. Hal itu karena lebaran identik dengan perayaan dan tentunya banyak makanan.

Jadi, gunakanlah THR ini untuk membeli makanan yang ada selama hari raya. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam membeli makanan.

 

5 dari 6 halaman

4. Gunakan untuk Memperbaiki Hunian

Adapun hal lain yang bermanfaat dari penggunaan THR yaitu memperbaiki hunian yang saat ini ditinggali. Dengan begini, Anda akan merasakan lebih lama dari THR yang didapatkan.

Dengan begitu, saat lebaran tiba rumah Anda akan terlihat indah, bersih, dan terasa nyaman.

 

6 dari 6 halaman

5. Sisihkan untuk Dana Darurat

Selain tiga hal di atas, Anda juga harus selalu menyiapkan uang darurat untuk keperluan tidak terduga lainnya. Hal ini akan sangat membantu dikala ada keadaan darurat yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi. Editor: Nurmayanti. Published:10/5/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer