Sukses


Fungsi Seni Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Musik tercipta karena adanya suatu getaran yang menghasilkan suara indah. Hal tersebut yang menjadikan musik enak untuk dinikmati, apalagi jika sesuai dengan suasana hati.

Musik merupakan bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik bisa mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia.

Secara umum seni musik sebagai sebuah sarana apresiasi mempunyai beberapa fungsi. Apa saja fungsi seni musik dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut ini rangkuman tentang fungsi seni musik dalam kehidupan sehari-hari, seperti dilansir dari Emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (21/4/2022).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fungsi Seni Musik

1. Fungsi Ritual dan Spiritual.

Pada tingkat ini seni musik sering digunakan sebagai sebuah media yang tidak dapat dipisahkan dari upacara ritual keagamaan. Contohnya pemakaian sebuah alat musik untuk mengiringi upacara ritual agama atau tradisi kepercayaan di daerah tertentu.

2. Fungsi Dekoratif.

Seni musik sering dimaknai sebagai sebuah elemen dekorasi dan ornamen yang di dalamnya sarat akan makna dan simbol.

Contohnya pemakaian instrumen perkusi (alat musik pukul) sebagai salah satu unsur keindahan serta untuk mempertegas irama sebuah lagu.

3 dari 4 halaman

Fungsi Seni Musik

3. Fungsi Keindahan dari Kebudayaan.

Pada tingkat ini seni musik dimaknai sebagai sesuatu yang mewakili unsur keindahan dari suatu kebudayaan. Contohnya pemakaian instrumen gending Jawa pada pertunjukan wayang sebagai unsur pendukung keindahan seni wayang itu sendiri.

4. Fungsi Ekspresi Individu atau Perorangan.

Pada tingkat ini seni musik dimaknai sebagai sebuah sarana komunikasi dari sang seniman untuk mengungkapkan perasaannya, baik terhadap seseorang maupun terhadap apa yang terjadi di lingkungannya.

Contohnya pemakaian musik sebagai media ekspresi untuk menyatakan cinta, keindahan alam atau sebagai media kritik sosial.

4 dari 4 halaman

Fungsi Seni Musik

5. Fungsi Psikologis.

Dalam hal ini, seni musik dimaknai sebagai sesuatu yang dianggap dapat memberikan sebuah efek pengaruh terhadap kejiwaan atau psikologi penikmatnya.

Contohnya seseorang akan menyukai bentuk musik atau grup band tertentu karena memberi kesan tertentu.

6. Fungsi untuk Mengungkapkan Emosi

Bagi seseorang, musik dapat berperan menjadi salah satu media untuk mengungkap perasaan atau emosinya. Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan emosi seseorang. Mereka lebih ekspresif dan efusif dalam mengutarakan pendapat.

Sumber: Kemdikbud

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer