Sukses


Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik, Ketahui Tipsnya

Bola.com, Jakarta - Mudik atau perjalanan ke kampung halaman telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia jelang hari raya, seperti Idulfitri. Perjalanan mudik bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Satu di antara yang menjadi favorit, yakni perjalanan darat dengan mengendarai mobil pribadi. Dengan mobil pribadi, kenyamanan bisa terjaga karena kita tidak berbagi tempat dengan orang lain maupun berdesak-desakan layaknya jika menggunakan angkutan umum.

Hanya, Anda perlu menyiapkan diri saat hendak mengemudi di arus mudik. Selain jarak yang ditempuh, perjalanan bisa memakan waktu lantaran kondisi jalan mengalami kemacetan.

Situasi tersebut rentan memicu kelelahan. Hal ini perlu diwaspadai karena kelelahan menjadi penyebab utama kecelakaan saat mudik. 

Agar Anda tidak mudah merasa lelah saat mengemudi di arus mudik Lebaran kali ini, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. 

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari lelah saat mengemudi di arus mudik, ketahui tipsnya, disadur dari Klikdokter, Selasa (26/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik

Persiapkan perjalanan dengan baik

Sebelum mudik, pastikan kondisi kesehatan Anda baik. Persiapkan perjalanan mudik dengan istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta makan dan minum yang baik. Pastikan pula Anda benar-benar sudah dapat mengemudi dengan baik, mengetahui medan perjalanan, siap dengan berbagai rintangan dan kemungkinan yang dapat terjadi selama mudik.

Lakukan perjalanan senyaman mungkin

Sebelum mudik, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik agar selama perjalanan Anda tidak perlu membuang energi untuk memperbaiki masalah yang timbul pada kendaraan Anda. 

Pilihlah alat transportasi yang aman dan nyaman. Bawalah barang seperlunya dan pastikan kendaraan memiliki tempat yang cukup untuk penumpang mudik agar Anda dapat melakukan mudik dengan nyaman.

Atur waktu istirahat dengan baik

Sebelum mudik, carilah informasi mengenai jalur perjalaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui lokasi tempat istirahat yang tersedia, misalnya pada tempat pengisian bahan bakar. 

Jika perjalanan mudik Anda panjang, aturlah waktu istirahat secara teratur untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda. Kurang istirahat dapat menyebabkan Anda mengantuk saat mengemudi sehingga rawan terjadi kecelakaan.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik

Pastikan nutrisi dan cairan tubuh terjaga

Nutrisi dan cairan tubuh merupakan dua hal yang penting yang harus terus diperhatikan selama mudik. Jika Anda berpuasa, pastikan kebutuhan nutrisi dan cairan Anda terjaga dengan memenuhinya pada saat sahur dan berbuka. 

Kekurangan nutrisi dan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemas dan penurunan konsentrasi sehingga dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Mengemudi secara bergantian

Jika Anda mudik dengan menggunakan mobil, usahakan ada dua orang yang dapat menyetir sehingga Anda dapat mengemudi secara bergantian. 

Dengan demikian, Anda dapat beristirahat sejenak agar nanti, saat giliran mengemudi, Anda dapat mengemudi kembali dengan penuh kosentrasi.

Minum suplemen

Untuk mencegah lelah selama mudik, bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral. Di samping itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen alami, seperti madu, gingseng, royal jelly dan jahe.

Pilih suplemen yang aman serta minumlah suplemen sesuai aturan pakai.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/7/2016)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer