Sukses


Macam-Macam Sarapan Sehat sebelum Salat Id, Asupan Bergizi

Bola.com, Jakarta - Salat id telah dinanti umat Muslim pada Hari Raya Idulfitri. Setelah satu bulan lamanya berpuasa di bulan Ramadan, saatnya merayakan Hari Kemenangan.

Sebelum melaksanakan salat id, biasanya bersama keluarga dan kerabat, jangan lupa untuk terlebih dahulu menyarap.

Kendati salat id tidak berlangsung lama, biasanya kurang dari satu jam, Anda tetap harus makan pagi atau sarapan. Jangan sampai perut Anda keroncongan atau merasa lapar saat menjalankan ibadah salat. Bisa-bisa Anda jadi tak fokus.

Perlu diingat pula bahwa sarapan merupakan bagian dari gaya hidup sehat Anda. Dengan sarapan yang bergizi, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas di hari itu.

Ada beberapa macam sarapan sehat dan bergizi yang bisa Anda pilih untuk Anda konsumsi sebelum melakukan salat id. Lantaran salat id digelar pada pagi hari, akan lebih baik Anda menyiapkan makanan yang praktis, tetapi dengan kelengkapan gizi dan nutrisi yang terjamin

Berikut macam-macam asupan sarapan sehat sebelum salat id, disadur dari Klikdokter, Kamis (28/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Telur

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa makan telur meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. 

Telur juga merupakan satu di antara sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Hal baik lain dari telur adalah makanan dari unggas ini juga sangat serbaguna dan cepat diolah. Anda dapat membuat telur rebus, telur dadar, atau telur mata sapi. Di tengah mempersiapkan diri pergi ke masjid, memasak telur adalah pilihan yang tepat.

3 dari 5 halaman

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Rasa kenyang akan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan obesitas. Makanan ini juga baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Lantaran sifatnya tersebut, oatmeal cocok dijadikan hidangan sebelum Anda dan keluarga berangkat salad Idul Fitri. Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan buah serta yoghurt.

4 dari 5 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan lentil, menjadi tambahan yang bagus untuk sarapan dan dapat membantu mencegah penambahan berat badan. 

Meski kacang tinggi kalori, penelitian menunjukkan Anda tidak menyerap semua lemak di dalamnya.

Selain itu, kacang-kacangan terbukti meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, mengurangi  resistensi insulindan mengurangi peradangan. 

Kacang-kacangan juga terhitung praktis disiapkan sehingga tidak membutuhkan banyak waktu sebelum salat Idul Fitri. Anda dapat menaburkan kacang-kacangan di atas yoghurt dan oatmeal.

5 dari 5 halaman

Buah-buahan

Buah bisa menjadi menu lezat, bergizi, sekaligus praktis untuk sarapan. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung jenisnya.

Buah jeruk, misalnya, mengandung banyak vitamin C. Satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C.

Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi sehingga cocok untuk menu sarapan Anda. Campurkan buah-buahan kesukaan Anda dengan oat, telur, atau yoghurt.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/6/2019)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer