Sukses


Macam-Macam Gerakan Dasar Langkah Kaki dalam Senam Irama

Bola.com, Jakarta - Senam irama merupakan satu di antara cabang olahraga senam yang memadukan gerak tarian dan musik. Jadi, dalam gerakan senam irama biasanya diiringi suara, seperti tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain sebagainya.

Senam irama awalnya dikenal sebagai modern gimnastik. Seiring berjalannya waktu, nama tersebut berubah menjadi olahraga gimnastik, hingga akhirnya populer dengan istilah senam irama.

Secara umum terdapat dua jenis olahraga senam irama yang dapat dipraktikkan, yakni senam irama dengan alat dan senam irama tanpa alat.

Senam irama dilakukan dengan menggunakan beberapa alat pendukung, seperti pita, tongkat, pita, bola hingga topi.

Dalam senam irama terdapat gerakan dasar yang harus dikuasai. Satu di antara gerakan dasar yang perlu dikuasai dalam senam irama ialah langkah kaki.

Langkah dasar tersebut dapat dikembangkan untuk menambah variasi gerakan dalam senam irama.

Berikut ini macam-macam gerakan dasar langkah kaki dalam senam irama yang perlu dikuasai, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (6/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gerakan Dasar Langkah Kaki dalam Senam Irama

Marching

Marcing adalah gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki kurang lebih setinggi betis, lutut ditekuk 90 derajat.

Kemudian setiap kaki yang mendarat atau menyentuh lantai dimulai dari bola kaki dan berakhir ke tumit. Gerakan marching ini dilakukan hanya dengan low impact.

Jogging

Jogging merupakan rangkaian lari kecil yang bisa dilakukan di tempat. Dalam pelaksanaannya, jogging ini terdapat beberapa variasi, baik jogging kecil, jogging knee up, jogging butt tap, dan lainnya.

Satu di antara variasi gerakan jogging adalah butt tap yang ditandai dengan menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah.

Gunakan persendian engkel dan lutut yang menjadi tumpuan sebagai peredam gerakan. Gerakan jogging ini dilakukan hanya dengan high impact.

Skipping

Skipping merupakan gabungan dari gerakan jogging dan kicking. Gerakan tersebut dilakukan dengan awalan jogging, yaitu adanya tekukan kaki ke arah bokong.

Setelah itu tendangkan dan luruskan kaki tersebut ke depan atau ke samping tidak lebih tinggi dari pinggang. Teknik gerak skipping ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan hight impact.

3 dari 4 halaman

Gerakan Dasar Langkah Kaki dalam Senam Irama

Jumping Jack

Lompat kangkang adalah sebutan yang sudah populer untuk menjelaskan jumping jack. Teknik gerak ini diawali dengan membukakan kedua kaki selebar satu setengah bahu sambil melompat, kemudian menutupkan kembali sambil melompat.

Adapun yang perlu ditekankan, kedua kaki yang mendarat berawal dari bola kaki dan berakhir ke tumit dengan menggunakan fungsi persendian engkel sebagai peredam gerakan.

Tekuk lutut untuk meredam gerakan lompat dan jaga arah lutut tetap ke depan. Gerakan ini hanya dilakukan dengan hight impact.

Lunge

Memindahkan kaki ke depan, belakang atau ke samping dengan memindahkan sebagian berat badan pada kedua kaki.

Saat memindahkan kaki, bagian yang menyentuh pertama adalah bola kaki sampai tumit tungkai dalam keadaan lurus.

Tungkai yang diam ditekuk dengan ujung lutut tidak melebihi ujung kaki atau di atas punggung kaki. Pastikan saat melakukan gerakan ini ada pembebanan pada kedua tungkai. Gerakan ini bisa dilakukan baik low maupun high impact.

4 dari 4 halaman

Gerakan Dasar Langkah Kaki dalam Senam Irama

Knee Up

Knee up adalah gerakan mengangkat lutut minimal setinggi pinggang. Kemudian tungkai atas sejajar dengan lantai tungkai bawah. Posisi kaki bisa dilakukan dalam keadaan flek (tertekuk).

Selain itu bisa juga telapak kaki dalam keadaan point dengan mengencangkan engkel sampai kaki mengarah ke bawah. Gerakan ini bisa dilakukan baik low maupun high impact.

Single Step

Single step adalah teknik gerak kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan menghadap ke depan.

Double Step

Double step adalah gerakan melangkahkan kaki, yakni dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki. Posisi lutut menghadap ke depan, lutut kaki tumpu agak ditekuk.

Leg Curl

Gerakan menekuk kaki ke arah bokong merupakan bentuk leg curl dalam senam.

 

Sumber: Kemdikbud

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer