Sukses


6 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut, Bisa Atasi Ketombe

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang gemar memasak, tentu sudah tidak asing dengan cuka apel, yang kerap dijadikan sebagai pelengkap memasak.

Tidak hanya bisa dijadikan pelengkap masakan, cuka apel juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, satu di antaranya untuk rambut.

Cuka apel dibuat dari sari buah apel yang difermentasi dan menghasilkan cairan yang berwarna cokleat bening, dengan rasa sangat masam.

Manfaat cuka apel ini sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Di mana banyak digunakan oleh para ahli kesehatan sebagai satu di antara bahan pengobatan.

Manfaat cuka apel untuk rambut cukup beragam, di antaranya seperti bisa mengatasi ketombe dan ampuh untuk melembutkan rambut.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda bisa mengambil beberapa sendok cuka apel dan mengoleskannya ke kulit rambut atau rambut secara langsung.

Berikut enam manfaat cuka apel untuk rambut, yang bisa kamu coba di rumah, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (15/7/2022)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Atasi Ketombe

Manfaat cuka apel untuk rambut yang pertama yakni membantu mengatasi ketombe. 

Gunakan cuka apel pada rambut sebelum mandi. Anda bisa mengoleskan cuka apel pada rambut dalam keadaan kering. Oleskan cuka apel secara menyeluruh ke bagian kulit kepala. Pijat dan tunggu selama 3-5 menit. Setelahnya, bilas rambut dan dilanjutkan dengan mencucinya dengan sampo.

Cegah Kerontokan Rambut

Manfaat cuka apel untuk rambut yang kedua adalah membantu mencegah kerontokan rambut. 

Anda bisa menggunakan cuka apel dengan campuran gula merah. Gunakan campuran tersebut dengan air untuk membilas rambut. Setelahnya bersihkan rambut dengan air. 

Anda juga bisa memasukkan cuka apel ke air dan dimasukkan ke alat penyemprot. Semprotkan cuka apel tersebut ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok serta rambut menipis.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Lembabkan Rambut Kering dan Keriting

Manfaat cuka apel untuk rambut selanjutnya adalah membantu melembapkan rambut kering dan keriting. Pemilik rambut keriting kerap kali merasa kesal jika rambut tak bisa diatur. Begitu pula dengan pemilik rambut kering yang susah untuk diatur.

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cuka apel. Dengan menggunakan cuka apel, rambut kering dan keriting mampu diatur. Bahkan, dapat membuat rambut Anda lebih halus dan mudah diatur. Sebab, cuka apel mampu menghidrasi serta menyegel lapisan luar rambut.

Buat Rambut Berkilau

Satu di antara manfaat cuka apel untuk rambut adalah membuat rambut lebih berkilau. Cara menggunakan cuka apel juga cukup mudah. Cukup campurkan setengah sendok makan cuka apel dan satu gelas air.

Kemudian bilas rambut dengan campuran cuka apel tersebut. Setelahnya bilas rambut dengan air dingin. Bukan hanya itu, Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Campuran tersebut dijadikan sebagai kondisioner alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Bantu Pertumbuhan Rambut

Membantu pertumbuhan rambut menjadi satu di antara manfaat dari cuka apel. Seperti diketahui, cuka apel mengandung banyak nutrisi yang bagus. Nutrisi-nutrisi inilah yang akan merangsang folikel rambut Anda sehingga rambut bisa lebih cepat untuk tumbuh.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda bisa mencuci rambut dengan cuka apel terlebih dahulu. Kemudian menggunakan sampo yang biasa digunakan. Untuk hasil maksimal, bisa menggunakan cuka apel 2-3 kali dalam seminggu. Tentu dengan kadar yang tepat dan jangan berlebihan.

Bantu Rambut Lebih Halus

Manfaat cuka apel untuk rambut yang terakhir yakni membantu rambut menjadi lebih halus. Cuka apel diketahui memiliki kandungan asam alpha-hydroxy. Kandungan inilah yang nantinya membantu meningkatkan kualitas rambut.

Tak hanya itu saja, mencuci rambut dengan cuka apel membantu dalam menutup kutikula. Cuka apel juga membuat rambut menjadi lebih halus.

Anda bisa menggunakan cuka apel secara rutin. Namun, perlu diingat, gunakan dalam kadar yang sesuai dan sudah ditentukan. Jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan cuka apel.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 17/5/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer