Sukses


Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Berdoa merupakan satu di antara cara yang sering dilakukan untuk mengatasi masalah hidup. Dengan berdoa, hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Hidup manusia tidak lepas dari masalah dan ujian. Beragam cobaan dan rintangan kerap menimpa seseorang dalam menjalani proses kehidupan.

BACA JUGA: Cara Menenangkan Hati Ketika Sedang Gelisah Menurut Islam

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari berbagai cobaan. Satu di antaranya dengan memohon pertolongan Allah Swt. dengan mengamalkan doa penenang hati dan pikiran

Doa penenang hati dan pikiran ini bisa Anda amalkan saat sedang menghadapi permasalahan hidup yang bikin stres dan gelisah.

Ada banyak doa penenang hati dan pikiran yang bisa Anda baca dan amalkan. Membaca bacaan doa penenang hati dan pikiran bisa dilakukan setelah salat, saat menghadapi kesulitan, serta di waktu-waktu mustajab untuk berdoa.

Berikut ini kumpulan bacaan doa penenang hati dan pikiran, disadur dari Merdeka, Jumat (15/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Doa penenang hati dan pikiran yang pertama diambil dari surah Thaha ayat 25-28. Ayat tersebut merupakan bacaan doa Nabi Musa a.s. saat menghadapi Fir'aun.

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

3 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Doa penenang hati dan pikiran selanjutnya diambil dari surah Al Baqarah ayat 250. Doa ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Doa penenang hati dan pikiran yang ketiga berasal dari surah Al Insyirah ayat 6. Doa ini merupakan satu di antara ayat populer yang mengingatkan kita bahwa dalam setiap kesulitan yang kita alami, akan selalu diiringi dengan kemudahan.

Inna ma'al-'usri yusrā

Artinya:

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

5 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Doa penenang hati dan pikiran yang keempat berasal dari surah Al Fath ayat 4. Dalam ayat ini menjelaskan bahwa ketenangan hati adalah bagian dari orang beriman karena rasa tenang tersebut diberikan oleh Allah Swt. kepada orang-orang beriman sebagai salah satu karunia-Nya.

huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu'minīna liyazdādū īmānam ma'a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu 'alīman ḥakīmā

Artinya:

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

6 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengalami kesulitan, beliau mengucapkan:

Laa ilaaha illalloh al-‘azhiim al-haliim, laa ilaaha illalloh robbul ‘arsyil ‘azhiim. laa ilaaha illalloh, robbus samaawaati wa robbul ardhi wa robbul ‘arsyil kariim.

Artinya:

"Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai 'arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai 'arsy, lagi Mahamulia."

7 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Doa penenang hati dan pikiran yang berikutnya berasal dari hadis Imam Thabrani. Hadis Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan,

Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah,

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

8 dari 8 halaman

Doa Penenang Hati Lainnya

Kemudian ada doa penenang hati dan pikiran lain yang bisa Anda baca, yaitu

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fiyya hukmuk, adlun fiyya qadla’uk, as’aluka bikullismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzalitahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a qalbi wanura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu agar engkau menjadikan Al-Qur'an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter : Andre Kurniawan. Published: 10/10/2021)

Dapatkan artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer