Sukses


11 Manfaat Olahraga untuk Kulit, Bisa Cegah Jerawat dan Bersihkan Pori-Pori

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap orang. Dengan rutin berolahraga, badan menjadi sehat dan bugar.

Tak hanya itu, olahraga juga memberikan manfaat untuk kulit. Bahkan, menurut penelitian, olahraga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat yang bisa bikin awet muda.

Olahraga diketahui mampu memperlambat penuaan sel, memperlancar peredaran darah, serta memperbaiki produksi hormon dalam tubuh. Seseorang yang rutin berolahraga sejak usia muda tentu akan memberikan keuntungan bagi kulitnya.

Jadi, selain untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik, olahraga dapat menunjang penampilan kulit yang sehat dan terawat. Hal tersebut tentu akan menambah rasa percaya diri.

Perlu diketahui, ada banyak manfaat olahraga untuk kulit. Bagi Anda yang menginginkan kulit sehat, penting untuk mengetahuinya.

Berikut ini manfaat olahraga untuk kulit yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (21/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

1. Kulit Tampak Lebih Bersih

Olahraga diketahui bisa membantu membuat kulit tampak lebih bersih. Olahraga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh, termasuk di kulit.

Aktivitas fisik terutama yang sifatnya aerobik seperti senam, lari, atau bersepeda akan mendorong perputaran peredaran darah.

Dengan demikian, seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Inilah manfaat olahraga untuk kulit, yakni dapat membuatnya terlihat bersih dan merona, bahkan hingga beberapa jam setelah berolahraga.

2. Mencegah Jerawat

Darah maupun oksigen yang mengalir dengan efektif ke kulit dapat membantu mengeluarkan kotoran serta "racun" yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit Anda. Kotoran tersebut bisa memicu timbulnya jerawat.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat olahraga untuk mencegah jerawat, Anda perlu melakukannya secara rutin.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk selalu mandi dan membersihkan wajah dengan saksama setelah berolahraga. Hal ini penting agar semua kotoran yang keluar bersama keringat benar-benar terangkat dari kulit Anda.

3 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

3. Menghalau Stres

Stres merupakan satu di antara hal yang memengaruhi kondisi kulit. Saat stres, kulit menjadi relatif lebih mudah mengalami berbagai masalah, seperti peradangan, kulit kering, dan jerawat.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan mencetuskan produksi hormon seperti endorfin. Hormon ini dapat mencegah stres dan menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh.

Maka itu, manfaat olahraga untuk kesehatan kulit adalah dapat membantu untuk mencegah stres.

4. Bantu Bersihkan Pori-Pori Kulit

Satu di antara dampak olahraga bagi kesehatan kulit adalah akan membuat pori-pori Anda lebih bersih.

Hal itu karena ketika Anda berolahraga, pori-pori akan makin membesar dan dapat mengeluarkan kotoran, debu, dan minyak yang berada di pori-pori Anda. Hal ini seolah-olah Anda sedang melakukan facial secara alami.

Agar proses pembersihan pori-pori Anda makin maksimal, hindari menggunakan makeup atau losion ketika berolahraga. Hal ini untuk mencegah tertahannya kotoran yang akan keluar dari pori-pori. 

4 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

5. Awet Muda

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara rutin mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen. Hal ini karena olahraga dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi metabolisme sel-sel kulit.

Tak hanya itu, olahraga khususnya yang bersifat aerobik (seperti lari, bersepeda, dan berenang) serta yang bersifat ketahanan (seperti maraton) akan memberikan manfaat berupa mencegah penuaan dini.

6. Bebas dari Peradangan

Satu di antara manfaat olahraga untuk kulit adalah menurunkan risiko berbagai organ mengalami peradangan.

Peradangan ditandai dengan kulit kemerahan, jerawat, kulit relatif kering, dan mudah timbul keriput serta tanda penuaan dini. Dengan berolahraga, kulit akan lebih bebas dari peradangan.

5 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

7. Membantu Membuang Produk Sampah Kulit

Semua sistem di tubuh kita pasti akan menghasilkan zat sisa atau 'sampah", seperti radikal bebas atau sel mati, yang harus segera dikeluarkan atau dinetralkan. Ketika berolahraga, aliran darah akan makin lancar, baik itu aliran darah menuju kulit, maupun aliran darah yang meninggalkan kulit.

Hal tersebut akan membuat produk sampah pada kulit akan diangkut oleh darah keluar daerah tersebut untuk dibuang ataupun dinetralkan oleh hati dan ginjal.

8. Membantu Mencegah Munculnya Eksim

Satu di antara penyakit kulit yang paling banyak terjadi adalah eksim. Hal ini merupakan penyakit peradangan kulit yang menyebabkan munculnya gejala gatal, kemerahan, dan kulit pecah-pecah.

Penyebab utama eksim adalah terjadinya stres pada kulit. Seperti penjelasan di atas, rutin berolahraga akan membantu mengatasi stres kulit.

Jadi, secara tidak langsung, olahraga dapat mencegah terjadinya eksim. Walau tentunya masih dibutuhkan berbagai penelitian untuk mengonfirmasi hal tersebut.

6 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

9. Mencegah Kekambuhan Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit peradangan kulit yang biasanya muncul akibat stres. Gejala penyakit ini kadang-kadang hilang dan timbul, tergantung dari kondisi psikologis penderitanya.

Ketika Anda stres, gejala psoriasis bisa saja muncul kembali. Berolahraga diketahui dapat menurunkan kadar stres akibat produksi hormon endorfin.

Hormon tersebut kemudian akan menurunkan rasa stres dan kecemasan Anda sehingga dapat membantu mencegah munculnya psoriasis.

10. Mencegah Munculnya Kantung Mata

Selain beberapa sebab langsung di atas, olahraga memberikan dampak tidak langsung kepada kesehatan kulit. Satu di antaranya mencegah munculnya warna hitam dan kantong pada mata.

Hal itu karena rutin berolahraga dapat membuat Anda memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur. Kurang tidur hingga insomnia berkontribusi dalam pembentukan kantong mata.

7 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga untuk Kulit

11. Kulit Lebih Cerah

Manfaat olahraga untuk wajah lainnya adalah membantu tampilan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya. Manfaat ini khususnya datang dari olahraga yang sifatnya weight lifting atau latihan otot.

Otot yang lebih padat juga akan memperbaiki tampilan kulit, menyamarkan selulit, dan menyokong bentuk kulit dari dalam.

Jika Anda ingin kulit yang cerah, berkilau, dan sehat, lakukan olahraga secara teratur karena manfaat olahraga untuk kulit dan kecantikan sudah jelas terbukti.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 12/4/2022).

Dapatkan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer