Sukses


Contoh Tumbuhan Dikotil dan Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Banyak tumbuh tumbuhan di sekitar kita. Perlu diketahui, setiap tumbuhan berbunga atau angiospermae dibagi menjadi dua kategori berbeda, yakni dikotil dan monokotil.

Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan berkeping atau berbiji dua. Tumbuhan ini memiliki memiliki sepasang daun lembaga (daun kotiledon).

Daun lembaga terbentuk lantaran tahap proses pembentukan biji pada tumbuhan.

Dengan memahami ciri-ciri tumbuhan dikotil, bisa membantu kamu untuk membedakannya dengan tumbuhan monokotil.

Berikut contoh tumbuhkan dikotil beserta ciri-cirinya, disadur dari Merdeka, Jumat (22/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil

a. Keping bijinya bisa terpecah menjadi dua.

b. Memiliki batang berbelah dengan ruas batang yang tak beraturan.

c. Memiliki mahkota bunga, kelopak bunga, serta benang sari dengan kelipatan empat atau lima.

d. Tidak memiliki tudung akar.

e. Memiliki daun meyirip atau menjari.

f. Memiliki kambium pada batangnya.

g. Memiliki akar tunggang. Akar tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang, di mana akar tersebut akan terus menerus tumbuh ke dalam tanah.

h. Memiliki daun yang bertulang sejajar ataupun melengkung.

i. Tidak memiliki koleoptil (pelindung ujung batang) dan koleoriza (pelindung ujung akar).

3 dari 5 halaman

Klasifikasi Tumbuhan Dikotil

Getah-Getahan (Euphorbiaceae)

Klasifikasi tumbuhan dikotil yang pertama yaitu getah-getahan atau Euphorbiaceae. Jenis tanaman ini mempunyai getah berwarna putih, yang akan terlihat jika kamu menyayat unsur batangnya.

Terong-Terongan (Solanaceae)

Terong-terongan atau Solanaceac memiliki ciri khas yakni bunga yang bentuknya mirip laksana bintang atau terompet. Selai itu, jenis tanaman ini memiliki buah dengan lapisan dalamnya yang berdaging ataupun berair.

Kacang-Kacangan atau Papilinaceace

Kacang-kacangan atau Papilinaceace yaitu tumbuhan dikotil yang memiliki ciri-ciri mahkota bunga yang berbentuk seperti kupu-kupu, tak sedikit bintil akar, serta buah polong.

Cemara-Cemaraan atau Casuarinaceae

Cemara-cemaraan atau Casuarinaceae memiliki ciri-ciri ranting beruas dengan dahan yang besar seperti jarum. Selain itu, buahnya pun serupa dengan runjung kecil.

Kapas-Kapasan atau Malvaceace

Kapas-kapasan atau malvaceace memiliki ciri-ciri bunga yang besar dan berbentuk corong, serta kelopak bunga yang menyatu.

Capparaceae

Capparaceae merupakan satu di antara tumbuhan dikotil yang masuk kelompok bunga-bungaan yang berdaun tunggal ataupun majemuk serta daunnya menjari dan memiliki ukuran yang kecil.

Piperaceae

Piperaceae ini memiliki format perdu serta terdapat juga sejumlah yang merambat dengan akarnya yang lekat.

4 dari 5 halaman

Contoh Tumbuhan Dikotil

Bunga Matahari

Bunga matahari atau Hellianthus Annus L merupakan tanaman hias yang memiliki ciri khas, seperti ukurannya yang besar, memiliki warna kuning terang, batang yang tinggi, daun tunggal yang lebar, kepala bunga sangat besar, kelopak bunga tersusun dari seratus atau ribuan kelopak bunga, mahkota sangat terbuka untuk penyerbukan, hingga selalu menghadap ke arah matahari.

Pohon Jambu Biji

Pohon jambu biji atau Psidium Guajava L merupakan satu di antara contoh tumbuhan dikotil. Buah yang dihasilkan mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin, A serta vitamin C.

Pohon jambu biji memiliki ciri-ciri, di antaranya tinggi batangnya sekitar 2 sampai 10 meter (ada yang tegak lurus, tetapi ada pula yang membengkok), memiliki batang berdiameter 10 cm sampai 20 cm berwarna kecokelatan, memiliki dua mahkota bunga berwarna putih kemerahan, memiliki tulang daun menyirip yang berbentuk oval memanjang, serta memiliki akar tunggang yang bercabang berbentuk kerucut panjang meruncing.

Tanaman Cabai

Tanaman cabai atau Capsicum Annum L merupakan satu di antara contoh tumbuhan dikotil yang tumbuh hanya setahun sekali. Tanaman cabai mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman cabai juga mengandung vitamin C serta memiliki Lasparaginase dan Capsaicin yang berfungsi sebagai antikanker.

Tanaman cabai memiliki ciri-ciri,  di antaranya memiliki batang yang tingginya sekitar 50 sampai 100 cm, memiliki tulang daun menyirip yang lonjong, dan ujung runcing.

5 dari 5 halaman

Contoh Tumbuhan Dikotil

Tanaman Singkong

Contoh tumbahan dikotil selanjutnya yaitu tanaman singkong atau Manihot utilissima. Tanaman singkong memiliki banyak manfaat lantaran memiliki kandungan zat karbohidrat. Selain itu, daun singkong memiliki kandungan asam amino yang tinggi.

Putri Malu

Putri malu atau Mimosa pudica termasuk contoh tumbuhan dikotil. Tumbuhan ini memiliki keunikan akan langsung menutup jika disentuh. Tumbuhan ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengatasi penyakit bronkitis, demam, hingga insomnia.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 23/1/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer