Sukses


Pengertian Sedekah dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Bagi umat Islam, sedekah merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi. Sedekah merupakan satu di antara sunah yang sangat dianjurkan.

Tak hanya berbentuk harta benda atau materi, melakukan sedekah bisa dengan apa pun seperti ibadah fisik non material, contohnya menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran, tersenyum, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu, berzikir, dan lain sebagainya.

Meski istilah sedekah sudah akrab dengan masyarakat, akan tetapi tak sedikit orang yang masih belum benar-benar memahami pengertian sedekah dan artinya.

Selain pengertian sedekah, mengetahui manfaat sedekah juga sama pentingnya. Selain menambah pengetahuan dapat membuat hati jadi lebih mantap saat bersedekah.

Berikut rangkuman terkait sedekah, yang perlu dipahami, disadur dari Merdeka, Rabu (31/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Sedekah

Pengertian sedekah secara etimologi, kata sedekah berasal dari bahasa Arab, "ash-shadaqah". Pada awal pertumbuhan Islam, pengertian sedekah adalah dengan pemberian yang disunahkan (sedekah sunah).

Sedangkan pengertian sedekah secara terminologi shadaqah adalah memberikan sesuatu tanpa ada tukarannya karena mengharapkan pahala dari Allah Swt.

Sedekah lebih utama apabila diberikan pada hari-hari mulia, seperti pada Hari Raya Iduladha atau Idulfitri. Juga yang paling utama apabila diberikan pada-pada tempat-tempat yang mulia, seperti di Makkah dan Madinah.

Sedekah adalah pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima sedekah, tanpa disertai imbalan. Sedekah memiliki makna yang lebih luas lagi dari zakat dan infak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sedekah

1. Membuka Pintu Rezeki

Manfaat sedekah yang pertama adalah membuka pintu rezeki. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah".

Diriwayatkan juga dalam hadist riwayat Muslim, "Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu".

2. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah sawa. bersabda, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana". (HR. Ath-Thabrani)

Hal ini berarti bahwa dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

3. Penghapusan Dosa

Siapa sangka, manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api". (HR. At-Tirmidzi)

Sedekah merupakan cara mudah yang disediakan oleh Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat.

Anda tersenyum saja, sudah termasuk bersedekah karena senyum merupakan satu di antara sedekah termudah yang dapat Anda sebarkan.

4. Panjang Umur

Manfaat sedekah bagi kelangsungan hidup adalah bisa memanjangkan umur. Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri". (HR. Thabrani)

5. Terhindar dari Marabahaya

Manfaat sedekah selanjutnya adalah sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah Swt. Rasulullah saw. bersabda, "Bersegeralah untuk bersedekah karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah".

Nabi Muhammad saw. bersabda, "Asshodaqotu tasuddu sab'iina baaban minas suu-i", artinya, "Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan".

Itulah di antara manfaat sedekah sebagaimana janji Allah Swt. dalam Al-Qur'an, "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak". (QS. Al-Baqarah: 245)

4 dari 4 halaman

Waktu yang Dianjurkan untuk Sedekah

Sedekah saat Subuh

Sejatinya sedekah dapat dilakukan kapan saja, tetapi beberapa ulama mengungkapkan waktu terbaik untuk bersedekah saat subuh atau sebelum matahari mulai terbit. 

Sedekah subuh dilakukan setelah salat subuh. Sedekah subuh memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Sedekah subuh dapat menghapus doa, memudahkan hajat dan dikabulkan permintaannya. 

Pada waktu bersedekah saat subuh akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan kita. Rasulullah bersabda:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu satu di antara berkata, "Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah". Malaikat yang satu berkata, "Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil". (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah)

Sedekah saat Khawatir Miskin

Waktu yang dianjurkan bersedekah yaitu justru dalam keadaan khawatir menjadi miskin. Dalam artian, sedekah saat sedang tertimpa musibah pencurian, PHK atau mengalami kerugian dan lain sebagainya. Di mana peristiwa tersebut membuat seseorang khawatir menjadi miskin dan kekurangan rezeki. 

"… yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit." (QS Ali Imran ayat 133-134)

Mengapa demikian? Seseorang yang bersedekah saat khawatir menjadi miskin atau sedang tertimpa musibah maka ia percaya dan berserah diri pada Allah dalam keadaan apa pun. Ia menyadari bahwa Allah memegang kendali dalam hal apa pun termasuk rezeki. Ia bisa saja menjadi miskin atau kaya dalam sekejap.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 17/2/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer