Sukses


Contoh Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

Bola.com, Jakarta - Manusia sebagai makhluk sosial memiliki berbagai keterbatasan dan tidak dapat memenuhi segala kebutuhan tanpa bantuan orang lain. Itulah mengapa penting dalam mengedepankan kerja sama.

Tidak hanya dalam lingkungan bermasyarakat, tetapi juga dalam lingkungan sekolah dari jenjang SD hingga SMA.

Ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan dengan cara kerja sama. Dengan bekerja sama, pekerjaan dapat lebih mudah diselesaikan.

Pengertian kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama tidak terbatas pada tempat dan waktu.

Ada banyak contoh kerja sama yang biasa dilakukan dalam lingkungan sekolah, di antaranya mengerjakan tugas kelompok dan melakukan piket.

Berikut contoh kerja sama di lingkungan sekolah yang bisa dipahami, seperti dikutip dari laman Salamadian, Kamis (1/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

Tugas Kelompok

Adanya tugas kelompok merupakan bentuk kerja sama antarmurid untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar adalah bentuk kerja sama antara guru dan murid supaya ilmu dari guru dapat diterima dan dipahami oleh murid.

Jadwal Piket

Terjadwalnya piket adalah bentuk kerja sama antarteman sekelas untuk menjaga kebersihan lingkungan kelas.

Belajar Kelompok

Belajar kelompok adalah kerja sama antarmurid untuk memahami materi-materi pembelajaran secara bersama-sama.

3 dari 4 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

Membantu Tteman yang Mengalami Kesulitan

Misalkan ada teman yang sedang susah seperti sakit, terkena musibah, dan sebagainya. Kerja sama seperti ini akan melatih kepedulian kepada sesama.

Taat Peraturan

Taatnya siswa pada peraturan sekolah adalah kerja sama antara siswa dengan pihak sekolah sebagai pembuat peraturan.

Kerja Bakti Sekolah

Kerja bakti sekolah adalah kerja sama antara seluruh siswa sekolah demi menjaga kebersihan serta keindahan sekolah.

Lomba Antar Sekolah

Lomba-lomba antarsekolah dalam berbagai bidang, seperti cerdas cermat, pertandingan basket, pramuka, dan lain-lain merupakan bentuk kerja sama antarsiswa terpilih untuk mengharumkan nama sekolah.

4 dari 4 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

Ekstrakulikuler

Ekstrakurikuler adalah kerja sama antarsiswa yang memiliki minat dan hobi yang sama di sekolah. 

Pertukaran Pelajar dan Beasiswa

Program pertukaran adalah bentuk kerjasama antara dua sekolah supaya murid yang terpilih dapat merasakan perbedaan budaya di dua sekolah tersebut.

Sementara program beasiswa adalah bentuk kerja sama antara sekolah dengan sponsor beasiswa supaya murid-murid sekolah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa mengeluarkan biaya lagi.

Sikap Baik di Luar Sekolah

Bersikap baik dan sopan ketika di luar sekolah merupakan bentuk kerja sama murid untuk menjaga nama baik sekolah. Ramah terhadap masyarakat sekitar lingkungan sekolah, tidak tawuran, berbuat gaduh, dan mengganggu lingkungan di luar sekolah.

Pembayaran SPP

Pembayaran SPP tepat waktu adalah bentuk kerja sama antara orang tua murid, murid, dan pihak sekolah.

Orang tua murid membayar SPP sesusai jumlah yang telah disepakati dari awal. Sementara murid, wajib menyampaikan amanat uang SPP dari orang tuanya kepada pihak sekolah tanpa dikurangi atau melebihi waktu yang ditentukan.

Pihak sekolah bertanggung jawab untuk mengelola uang SPP sebaik mungkin. Melakukan pembangunan infrastruktur sekolah, penambahan fasilitas, yang tujuannya membuat murid lebih baik dan nyaman saat belajar di sekolah.

 

Sumber: Salamadian

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer