Sukses


Manfaat Pendinginan setelah Olahraga, Jangan Dilewatkan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Sebelum melakukan olahraga, pada umumnya seseorang akan melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

Tidak kalah penting, setelah berolahraga kita juga perlu melakukan pendinginan untuk menghindari kram pada otot.

Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah satu atau dua hari berolahraga.

Sama seperti pemanasan, melakukan gerakan pendinginan tidak boleh sembarangan karena berpengaruh terhadap otot tubuh Anda.

Berikut manfaat pendinginan setelah olahraga, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (1/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

1. Mengurangi Risiko Kram Otot

Bagi orang-orang yang tidak melakukan pendinginan usai berolahraga, risiko mengalami kram otot tergolong tinggi. Kram otot biasanya terjadi akibat salah melakukan gerakan saat olahraga.

Untungnya, risiko tersebut bisa diperkecil dengan melakukan pendinginan usai olahraga. Dengan gerakan pendinginan yang tepat, otot akan lebih relaks dan sirkulasi darah akan menjadi lebih optimal.

2. Mencegah Stres pada Tubuh

Gerakan dinamis yang dilakukan selama berolahraga membuat otot-otot di dalam tubuh lebih tegang. Apabila Anda tidak melemaskan otot tubuh dengan pendinginan usai berolahraga, mungkin akan ada risiko mengalami cedera atau rasa nyeri yang parah.

Dengan meregangkan tubuh sambil mengatur napas sebelum sesi olahraga benar-benar usai, otot yang tegang karena gerakan latihan dapat kembali relaks.

Kondisi otot tubuh yang sudah tidak menegang ini akan membuat pikiran lebih tenang sehingga terhindar dari perasaan stres.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

3. Mengembalikan Detak Jantung ke Kondisi Normal

Berolahraga membuat jantung terpompa lebih cepat apalagi bila melakukan jenis olahraga aerobik. Kalau kondisi jantung yang cepat tidak dikembalikan ke kondisi normal, mungkin bisa saja muncul rasa pusing atau kehilangan keseimbangan.

Maka itu, penting untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Tentunya, Anda ingin mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari kegiatan olahraga yang Anda lakukan.

4. Mengatur Laju Pernafasan

Jantung yang terpompa saat berolahraga berbanding lurus dengan tarikan napas yang makin dalam. Kondisi ini normal karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih.

Namun, Anda tidak bisa membiarkan laju pernapasan terus terengah-engah seperti saat sedang berolahraga. Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan setelah berolahraga agar laju napas kembali normal seperti sebelum olahraga dimulai.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

5. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh

Setelah berolahraga, biasanya Anda akan merasa kesulitan untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh tertentu, satu di antaranya sendi.

Untuk mengatasi hal ini, penting melakukan pendinginan. Hal ini dilakukan agar ketegangan pada tubuh termasuk sendi bisa mereda secara perlahan.

Dengan pendinginan, tekanan pada sendi akan berkurang. Anda akan memiliki kemampuan untuk kembali bebas mengatur pergerakan anggota tubuh termasuk persendian.

6. Pikiran Menjadi Lebih Relaks

Tidak hanya merelaksasi tubuh, manfaat pendinginan setelah olahraga juga dapat membuat pikiran lebih relaks. Saat melakukan pendinginan, Anda akan meregangkan tubuh dan mengatur napas dengan baik.

Hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga. Selain itu, akan ada peningkatan sirkulasi oksigen yang membantu memulihkan tubuh dan pikiran Anda agar menjadi lebih rileks. Pendinginan juga bisa membantu Anda untuk relaksasi dan menghilangkan stres.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/1/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer