Sukses


Pengertian Idealis beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Idealis merupakan kata yang familier didengar orang. Kata tersebut biasanya melekat pada orang yang berpegang teguh pada pendiriaan.

Idealis merupakan suatu pemikiran atau keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar berdasarkan pengalaman empiris yang unik, pikiran, serta cita-cita tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang bersifat idealis, di antaranya pengalaman, pendidikan, budaya, serta lingkungan.

Selain itu, ada pula manfaat dari memiliki sifat idealis, seperti dapat fokus pada hal yang ingin dicapai, mempunyai rencana dalam aktivitas mereka, serta mau bekerja keras dalam mencapai tujuan.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang idealis, disadur Merdeka, Senin (5/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Idealis

Ada beberapa ciri-ciri dari seorang idealis, di antaranya:

1. Bangga dengan diri sendiri

Ini merupakan satu di antara ciri dari seorang idealis. Apabila seorang merasa bangga yang berlebihan pada diri sendiri maka sebaiknya segera diubah.

Terlalu bangga pada diri sendiri dapat menjadikan seseorang menjadi sombong. Oleh sebab itu, usahakan jangan terlalu bangga dengan diri sendiri.

2. Penuh Inspirasi

Ciri-ciri seorang idealis satu di antaranya penuh inspirasi. Seorang idealis biasanya akan berusaha untuk mencapai tujuannya. Selain itu, seorang idealis biasanya juga dapat menjadi inspirasi bagi orang di sekitarnya.

3. Memiliki Hati yang Tulus

Seorang idealis biasanya mempunyai hati yang tulus. Ketulusan hatinya tersebut biasanya muncul karena adanya pandangan yang mengarah kepada keadilan.

4. Teguh pada Pendirian

Seorang idealis biasanya akan selalu teguh pada pendiriannya. Sesuatu yang diyakini dalam pemikirannya akan terus dipertahankan. Maka itu, peluang akan keberhasilan lebih besar.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Idealis dengan Realistis

Secara singkat, ciri-ciri dari seorang realistis yakni terbuka dan mengikuti arus.

Ada beberapa perbedaan antara seorang yang idealis dengan seorang yang realistis. Tidak jarang seseorang yang idealis dianggap sebagai seseorang yang mengawang-awang. Hal ini lantaran pendapatnya yang terkadang kurang masuk akal.

Berbeda dengan seorang realistis. Seorang realistis lebih mudah bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan hidupnya.

Meski demikian, ada kelebihan dan kekurangan seorang idealis dan realistis yang perlu Anda ketahui. Untuk kelebihannya, seorang idealis terstruktur dalam bertindak, sementara seorang realistis tak banyak berpikir dan langsung bertindak sesuai apa yang sudah dikonsepkan.

Sementara kekurangannya, seorang idealis cenderung lebih banyak berpikir tanpa bertindak, sedangkan seorang realistis langsung bertindak tanpa adanya dasar pikiran yang kuat.

4 dari 4 halaman

Contoh Idealis dalam Kehidupan Sehari-hari

Satu di antara contoh seorang idealis dan realistis dalam kehidupan nyata dapat dilihat di bangku perkuliahan.

Seseorang yang realistis, saat awal masuk kuliah akan berpikir kuliah yang penting mendapat nilai bagus. Ia pun akan mengikuti perkuliahan dan mengerjakan skripsi sebagai syarat lulus untuk mencari kerja.

Berbeda dengan seorang idealis. Ia mempunyai pandangan bahwa dalam dunia perkuliahan harus memperoleh ilmu lewat ruang perkuliahan ataupun tempat lainnya.

Saat mengerjakan skripsi pun ia akan mengerjakan dengan serius agar tulisannya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 9/9/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer