Sukses


Contoh-Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Bola.com, Jakarta - Globalisasi adalah integrasi manusia dengan segala aspek kehidupan ke dalam satu kesatuan masyarakat yang sempurna dan lebih besar.

Kata globalisasi berasal dari kata 'global' yang artinya dunia dan 'lization' yang artinya proses. Secara bahasa, arti globalisasi adalah suatu proses yang mendunia.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian dari globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi diartikan meluasnya pengaruh kebudayaan maupun ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi juga telah melanda berbagai bidang kehidupan manusia.

Berikut ini kumpulan contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari lamanĀ Guruppkn, Senin (5/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Banyak Produk Asing

Saat ini sudah gampang menemukan produk-produk asing di Indonesia. Mulai busana, alat elektronik, hingga makanan.

Tidak jarang pula produsen dari negara lain yang membangun pabriknya di Indonesia demi memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

Banyak Pasar swalayan atau Supermarket

Dulu, pasar tradisional merupakan satu-satunya tempat untuk berjual beli. Namun, 20 tahun belakangan, pasar swalayan mulai menjamur di Indonesia. Supermarket menggantikan peran pasar tradisional.

Bahkan, saat ini, setiap 500 meter kita juga akan bisa menemukan mini market yang menggantikan warung kelontong di desa-desa.

3 dari 6 halaman

Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Pergantian Tenaga Manusia dengan Tenaga Mesin

Perlahan, dunia kerja di Indonesia mulai berubah. Buruh-buruh pabrik telah digantikan oleh mesin agar lebih efisien, baik waktu mupun biaya. Bahkan, pekerjaan petani juga makin berkurang karena sudah banyak mesin-mesin yang bisa membantu pekerjaan manusia untuk bertani.

Jual Beli Online Terus Berkembang

Saat ini jual beli tidak hanya dilakukan di pasar, tetapi juga bisa secara daring atau online. Hal ini memberikan keuntungan, baik bagi penjual ataupun pembeli, karena lebih hemat waktu dan tenaga.

4 dari 6 halaman

Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Meningkatnya Penggunaan Gadget

Meningkatnya penggunaan gawai juga menjadi satu di antara contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini gadget atau gawai mampu menawarkan berbagai fitur yang membuat segala hal lebih efektif dan efisien.

Banyak hal yang bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman tangan. Akan tetapi, kita harus bisa mengendalikan penggunaan gadget karena kita harus tahu bahaya globalisasi dan modernisasi.

Teknologi Terbaru Bisa Diakses Semua Orang

Kini, teknologi bukan lagi hal mewah bagi rakyat Indonesia. Hal ini mungkin karena penggunaan gadget yang sudah menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

Teknologi seperti video call, email, sosial media, bukan lagi hal asing bagi masyarakat. Bahkan, dunia maya mungkin sudah jadi kehidupan kedua bagi banyak orang.

5 dari 6 halaman

Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Persebaran Informasi yang Sangat Cepat

Cepatnya persebaran informasi sebagai perwujudan dari globalisasi tentu saja tidak lepas dari peranan teknologi yang terus berkembang pesat.

Saat ini banyak hal kecil yang dengan mudah viral di dunia maya. Kejadian-kejadian penting bisa disaksikan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Orang biasa bisa terkenal dalam dalam waktu singkat. Peristiwa di satu daerah, bisa jadi buah bibir di seluruh penjuru negeri hanya dalam sekejap.

Pemerintah Lebih Terbuka dan Demokratis

Globalisasi memberikan efek yang bagus bagi pemerintahan di Indonesia. Saat ini pemerintahan di semua tingkat menjadi lebih terbuka dan demokratis.

Hal ini terjadi mulai pemerintahan desa hingga pemerintahan pusat.

6 dari 6 halaman

Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari hari

Masuknya Ideologi-Ideologi Asing

Globalisasi juga memungkinkan masuknya ideologi bangsa asing masuk ke Indonesia. Hal ini perlu diwaspadai karena hal tersebut bisa jadi hal baik maupun buruk.

Indonesia adalah negara yang memiliki makna pancasila sebagai ideologi negara. Kita masih harus berpegang teguh pada pancasila di era reformasi.

Banyak Bahasa Asing yang Dipelajari di Indonesia

Dulu, mempelajari bahasa asing dianggap menghianati bahasa nasional, yakni bahasa Indonesia. Akan tetapi, saat ini, mempelajari bahasa asing diperlukan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya bahasa Ingris, bahasa asing lain juga banyak dipelajari di Indonesia, seperti Mandarin, Jepang, Perancis, Jerman, Arab, dan Rusia.

Ā 

Sumber: Guruppkn.com

Baca artikel seputar globalisasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer