Sukses


Contoh-Contoh Teks Biografi Diri Sendiri yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Teks biografi merupakan rangkaian tulisan yang berisikan riwayat atau perjalanan hidup seseorang. Namun, kamu juga bisa menulis riwayat hidupmu sendiri.

Rangkaian tulisan tersebut bisa dikatakan sebagai teks biografi diri sendiri atau juga bisa disebut dengan autobiografi.

Teks biografi diri merupakan tulisan yang berisi tentang perjalanan hidup penulis dengan sudut pandang orang ketiga berdasarkan pengetahuan atau penuturan dari tokoh yang bersangkutan.

Isi yang tertulis dalam teks biografi diri sendiri biasanya menyangkut kehidupan pribadi, perjuangan hidup, hingga peristiwa penting seperti kisah menuju sukses.

Selain itu, dapat berisi tentang peristiwa-peristiwa kecil yang tidak diketahui oleh orang lain.

Nah, bagi kamu yang ingin atau mendapat tugas membuat teks biografi diri sendiri, ada beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Berikut ini beberapa contoh teks biografi diri sendiri, dikutip dari laman Salamadian, Selasa (13/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri 1

Namanya adalah Dewi Anggraeni, lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya seorang guru honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya. Sejak kecil dia selalu dinasihati ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur, dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, kemudian setelah lulus dia melanjutkan di SMPN 1 Tasikmalaya pada 2009. Selepas lulus dari SMP pada 2012, dia ikut pamannya tinggal di Kota Bandung dan melanjutkan di SMA xx Kota Bandung.

Ketika menginjak kelas X SMA tersebut, dia mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung, dan puisinya yang berjudul, "Senja di Barat Cikapundung" menjadi pemenang ke-3 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja ini membuat hatinya senang dan makin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya, lingkungan merupakan satu di antara aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah. Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini, dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa. Setelah lulus nanti gadis berkulit hitam manis ini berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri 2

Nuraeni tinggal di kota Bandung dan menjadi satu di antara siswi kelas XI, SMA Negeri 76 Bandung, jurusan IPA. Ia lahir di Ambon pada 10 Januari 1999.

Selain memiliki ketertarikan dalam bidang yang berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan, ia juga memiliki hobi berolahraga, terutama joging. Baginya, tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berkaitan satu sama lainnya.

Semasa kecil dia pernah tinggal di dekat Kali Ciliwung dan setiap musim hujan rumahnya selalu kebanjiran dan kemudian mengungsi ke tempat penampungan. Kejadian tersebut terus terulang dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut kemudian membuatnya berpikir, bahwa datangnya banjir tersebut bukan semata karena faktor alam saja. Namun, juga karena faktor manusia yang sering membuang sampah sembarangan ke sungai, pemukiman liar di bantaran sungai, dan kurangnya resapan air.

Itulah yang membuat hatinya tergerak untuk ikut menyadarkan masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. Dia pun kemudian bergabung dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta. Setiap akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini ikut melakukan penyuluhan dan bakti sosial. Untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Saat ini, Nuraeni tinggal bersama ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di perumahan Puri Makmur nomor 103, Kemang. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, ia juga aktif di komunitas sepeda Batavia, tanaman hias dan parkour Jakarta Selatan.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri 3

Muhammad Mulkan Fauzi atau biasa dipanggil Mulkan oleh orang-orang di sekitarnya dikenal memiliki hobi membaca buku dan bermain futsal. Ia lahir di Kota Semarang pada 30 Oktober 1997, dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Mulkan memiliki seorang kakak bernama Lusi Apriani yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Solo. Ia juga memiliki sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa dan Isfi yang baru berusia 5 tahun.

Ia pertama kali masuk sekolah tahun 2003–2009 di SDN Budi Mulya. Kemudian setelah lulus, ia melanjutkan ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang. Di SMA ini dia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan ia sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Pemuda berwajah tampan ini adalah anggota tim futsal SMAN 12 Tarakan dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antarsekolah maupun umum. Di antaranya, peringkat ketiga Piala Walikota Semarang 2015, peringkat ketiga Futsal Hardiknas Cup 2015, Juara I Kilimanjaro Cup 2016, dan lain sebagainya.

Dia memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama bangsa di Asia dan dunia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini juga memiliki cita-cita untuk memberangkatkan haji kedua orang tuanya yang sudah merawatnya sejak kecil.

 

Sumber: Salamadian

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer