Sukses


Manfaat Mandi Malam dengan Air Hangat dan Dingin, Ketahui Perbedaan Efeknya

Bola.com, Jakarta - Mandi malam merupakan aktivitas penting untuk melepaskan penat setelah berkegiatan seharian. Dengan mandi, akan membuat tubuh Anda segar kembali.

Anda bisa memilih menggunakan air hangat atau air dingin untuk mandi malam. Sebenarnya, mandi malam dengan air hangat atau air dingin sama saja. Namun, baik air hangat maupun dingin, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, terutama ketika digunakan untuk mandi di malam hari.

Manfaat mandi malam hari dapat membantu Anda untuk tidur. Setelah mandi menggunakan air hangat, tubuh akan berusaha menurunkan suhu tubuh basal sehingga membuat Anda lebih mudah tidur.

Mandi sebelum tidur juga membuat tubuh lebih relaks sehingga Anda lebih mudah terlelap.

Agar lebih paham lagi, berikut efek dari mandi malam dengan air hangat dan air dingin, disadur dari Klikdokter, Jumat (16/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Malam dengan Air Dingin

Manfaat mandi malam dengan air dingin di antaranya:

  • Memberikan sensasi segar pada tubuh.
  • Mampu membuat Anda lebih bersemangat.
  • Membantu menghilangkan kantuk.
  • Merangsang pengeluaran berbagai hormon, seperti noradrenalin dan dopamin. Kondisi ini menyebabkan pelebaran pembuluh darah ke kulit yang bertujuan mempertahankan suhu pada daerah tersebut.
  • Air dingin dapat membuat tubuh berusaha menghangatkan diri sehingga metabolisme tubuh akan dipercepat dan sistem kekebalan tubuh akan diaktifkan.
  • Manfaat mandi air dingin bagus untuk kulit. Air dingin akan memperkecil pori-pori kulit.
  • Suhu dingin akan mempersempit pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih cepat.
  • Manfaat mandi malam dengan air dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka dan pembengkakan. Manfaat ini dapat lebih dirasakan jika menggunakan pengompresan

Akan tetapi, Anda perlu waspada mengenai bahaya mandi air dingin di malam hari karena bisa saja menimbulkan nyeri sendi. 

Meski sering dikaitkan dengan rematik, bila merasakan nyeri sendi akibat mandi malam bukan berarti Anda menderita rematik.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Malam dengan Air Hangat

Manfaat mandi air hangat di malam hari cukup beragam, seperti:

  • Menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih santai.
  • Mengurangi tingkat stres, caranya dengan berendam air hangat yang telah diberi aromaterapi.
  • Efek mandi malam hari dengan air hangat dapat menurunkan tingkat kecemasan.
  • Berpotensi memunculkan ide kreatif, sebab kecemasan mereda dan jalan keluar dari masalah terpikirkan.

Sebelum mandi malam hari atau berendam dengan air hangat, Anda harus berhati-hati. Selalu gunakan air hangat, bukan air panas.

Bahaya mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit kering. Sebaiknya gunakan pelembap setelah mandi air hangat untuk mencegah kulit kering.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/6/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer