Sukses


Macam-Macam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

Bola.com, Jakarta - Teknologi yang makin canggih membuat kita dapat mengetahui perkembangan di berbagai belahan dunia. Teknologi juga menjadikan seseorang bisa tetap terhubung dengan keluarga atau teman yang jauh.

Perkembangan teknologi ada di berbagai sektor kehidupan masyarakat, seperti dalam dunia perdagangan sehingga bisa bertransaksi tanpa harus bertatap muka.

Begitu juga dengan dunia pendidikan, di mana antara murid dan guru bisa saling bertatapan dan melakukan kegiatan belajar mengajar, kendati tidak dalam satu tempat.

Namun, di balik sisi positif tersebut, penggunaan teknologi juga bisa membawa banyak masalah kesehatan pada penggunanya.

Penggunaan media sosial melalui smartphone bisa mengganggu kondisi kesehatan mental yang serius, seperti depresi dan kecemasan. 

Berikut macam-macam gangguang kesehatan akibat penggunaan teknologi yang harus Anda waspadai, disadur dari Klikdokter, Jumat (30/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

1. Mata Pegal dan Kering

Menggunakan gawai selama berjam-jam dapat mengaburkan pandangan dan membuat mata jadi kering. 

Tak hanya pada mata, Anda bisa merasakan nyeri pada area tubuh lain, seperti kepala, leher dan atau bahu. Agar hal ini tidak terjadi, terapkan 20-20-20.

Setiap 20 menit melihat layar gadget, gunakan 20 detik untuk melihat hal lain, sejauh 20 kaki (setara dengan enam meter).

2. Postur Tubuh yang Buruk

Cara berbagai orang menggunakan gawai dan komputer dapat berkontribusi terhadap postur yang salah. Melihat ke bawah dan membungkuk akan memberi tekanan berlebih pada leher dan tulang punggung.

Berjalanlah setelah sejam bekerja apabila memungkinkan untuk menghindari perubahan postur.

3. Gangguan Tidur

Penggunaan teknologi yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Penyebabnya adalah blue light dari gawai yang terus menstimulasi otak.

Blue light dapat mengganggu ritme sirkadian atau irama tubuh sehingga menyulitkan seseorang untuk tidur. Anda pun bisa merasa lebih lesu di hari berikutnya.

Hindari menggunakan gadget 1-2 jam sebelum tidur untuk menghindari dampak negatif teknologi bagi kesehatan. Gantilah dengan aktivitas lain, seperti peregangan, membaca buku, atau mandi air hangat.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

4. Perubahan Struktur Otak

Otak anak masih berkembang dan lebih sensitif terhadap efek teknologi. Masalah kesehatan, seperti ADHD, juga dapat terjadi pada remaja ketika menggunakan media digital secara berlebihan. 

Alihkan screen time ke aktivitas fisik dan hobi lain yang tidak membutuhkan melihat layar gadget atau elektronik lainnya.

5. Membuat Jarang Bergerak

Penggunaan teknologi berlebih memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

Hal itu karena teknologi membuat tubuh Anda jadi mager alias malas gerak. Oleh sebab itu, lebih baik manfaatkan teknologi yang mendorong produktivitas olahraga. Cara ini mampu menurunkan perilaku sedenter, yang bisa memicu penyakit. 

6. Isolasi

Satu di antara dampak negatif penggunaan teknologi bagi tubuh manusia adalah perasaan terisolasi. Media sosial pada hakikatnya dirancang untuk menyatukan banyak orang, meski nyatanya tidak selalu begitu.

Menurut sebuah studi, orang dewasa berusia 19-32 tahun dengan penggunaan media sosial yang tinggi, tiga kali lebih merasa terisolasi secara sosial dibandingkan yang tidak menggunakan media sosial sesering mereka.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi

7. Depresi dan Kecemasan

Interaksi media sosial yang positif akan berdampak pada kadar depresi dan kecemasan yang rendah. Namun, hal sebaliknya juga terjadi.

Dengan interaksi media sosial yang negatif, seseorang akan mengalami kadar depresi dan kecemasan yang tinggi.

8. Obesitas

Dampak negatif teknologi bagi kesehatan yang berikutnya adalah obesitas. 

Orang yang makan sambil menggunakan gawai atau ngemil sambil menonton televisi akan cenderung memilih asupan tidak sehat. Efeknya, risiko obesitas pun meningkat (apalagi jika jarang berolahraga). 

Penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin olahraga agar berat badan Anda tetap ideal. 

9. Menurunkan Kesuburan

Kesuburan pria dapat terganggu saat sering meletakkan laptop di pangkuan. Panas yang dihasilkan laptop bisa memengaruhi kesehatan buah zakar. 

Hal tersebut dapat berujung pada penurunan kualitas sperma pria sehingga menurunkan kesuburan. 

Jika Anda ingin menggunakan laptop dalam posisi duduk dengan lebih santai, sebaiknya gunakan meja penyangga agar laptop tidak bersentuhan langsung dengan tubuh. Selain itu, dengan menggunakan meja dapat membantu untuk menjaga posisi yang ergonomis.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/5/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer