Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Tidur merupakan kebutuhan penting bagi tubuh, sama seperti halnya dengan makan dan minum.

Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik secara fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun serta siap menjalani aktivitas.

Tidur juga membantu proses tumbuh kembang, terutama pada anak-anak dan remaja, karena pada saat tidur, hormon pertumbuhan dihasilkan.

Di sisi lain, kebutuhan tidur setiap orang tidak sama. Orang dewasa memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam per hari, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur lebih banyak, yaitu sekitar 8-10 jam setiap hari.

Hanya, masih banyak orang yang tidak mencukupi waktu tidurnya. Kurangnya waktu tidur dapat menimbulkan banyak masalah.

Berikut ini macam-macam dampak buruk kurang tidur yang perlu diwaspadai, dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, Jumat (7/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Sulit Fokus

Satu di antara efek dari kurang tidur adalah sulit berkonsentrasi. Tidur berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Apabila kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur maka bisa mengakibatkan kemampuan kognitifmu akan terganggu.

Hal ini akan berdampak kepada tingkat kewaspadaan, perhatian, penalaran, dan pemecahan masalah.

Mudah Lupa

Selain sulit konsentrasi, dampak lain yang muncul adalah membuatmu mudah lupa. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penuaan atau pelupa.

Kurang tidur dapat menganggu kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan ingatan atau hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari. Kamu juga menjadi sulit mencerna dan memproses informasi selama beberapa hari ke depan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Berat Badan Meningkat

Dampak dari kurang tidur yang lain adalah bisa menyebabkan berat badan menjadi naik. Hal ini berkaitan dengan perubahan durasi tidur dan metabolisme tubuh.

Pada orang dewasa, tidur sekitar empat jam sehari dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, terutama pada makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori. Hal ini juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam sehari lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur 7-9 jam semalam.

Mudah Sakit

Tidur yang cukup memungkinkan sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal dengan memproduksi sitokin, yaitu senyawa yang membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit secara lebih efektif.

Efek kurang tidur bisa membuat sistem kekebalan tubuh tidak optimal untuk melawan virus dan bakteri. Akibatnya, kamu akan lebih rentan terhadap penyakit. Apabila hal tersebut dibiarkan, bahaya kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Mudah Stres

Dampak buruk apabila kurang tidur juga bisa memengaruhi mood-mu sepanjang hari. Kamu bisa mengalami perubahan susasana hati dan menjadi sabar.

Keadaan yang lebih emosional ini dapat berdampak besar ketika kamu harus membuat keputusan atau pekerjaan penting. Apabila hal tersebut dibiarkan maka bisa timbul masalah seperti perilaku impulsif, kecemasan, depresi, dan paranoid.

 

Sumber: yankes.kemkes.go.id

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer