Sukses


Arti Gradasi Warna dan Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Gradasi warna adalah perpindahan satu warna ke warna lainnya. Kamu bisa menyimak lebih dalam perihal gradasi warna, melalui artikel ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, gradasi warna adalah tingkat dalam peralihan suatu keadaan ke keadaan lain.

Sementara dalam Merriam Webster menjelaskan arti gradasi warna adalah perpindahan bertahap dari satu warna atau bayangan ke warna lain.

Pemaknaan yang sama dipaparkan Dictionary, arti gradasi adalah setiap proses atau perubahan yang terjadi dari serangkaian tahapan, atau bertahap.

Dalam ilmu geologi, arti gradasi adalah meratakan permukaan tanah yang dihasilkan dari aktivitas bersama antara erosi dan pengendapan.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang gradasi warna, disadur dari Liputan6, Jumat (7/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mengenal Warna Gradasi

Contoh dari penerapan istilah gradasi adalah pada wujud gradasi warna, di mana warna satu dengan warna lainnya berganti secara bertahap.

Dalam dunia seni, gradasi warna atau gradasi warna adalah bisa diciptakan sendiri dengan teknik tertentu.

Apa itu gradasi warna? Memahami gradasi warna adalah corak warna yang berkembang.

Melansir dariĀ XD Adobe, dijelaskan gradasi warna adalah corak warna yang dikembangkan dari dua atau lebih warna sehingga membuat tingkatan warna tertentu.

"Gradasi warna atau gradasi warna adalah dapat bercampur atau bertransisi dari warna yang senada (misalnya dari warna merah muda ke warna merah tua), atau bisa juga dari warna yang sama sekali berbeda atau kontras (misalnya ungu dengan merah, atau biru dengan kuning)," demikian penjelasannya.

Ada dua jenis gradasi warna yang perlu diketahui, yakni gradasi warna halus dan gradasi warna tajam.

Melansir dariĀ Draw Paint Academy, gradasi warna halus menunjukkan ambiguitas atau bayangan seperti kabut, sementara gradasi warna tajam menunjukkan kejelasan atau perubahan signifikan pada subjeknya.

Hal ini bisa dicontohkan, langit berubah dari biru menjadi hijau menjadi kuning menjadi oranye menjadi ungu. Warnanya menjadi lebih gelap saat bergerak dari langit ke daratan yang jauh, dan lebih gelap lagi saat daratan makin dekat dalam perspektif. Ini semua adalah gradasi warna.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Gradasi Warna

Ada teknik khusus dalam pembuatan gradasi warna atau warna gradasi. Melansir dariĀ Draw Paint Academy, begini cara membuat warna gradasi:

1. Teknik Pencampuran

Teknik paling sederhana cara membuat gradasi warna adalah memadukan satu warna ke warna berikutnya. Ini akan menciptakan gradasi yang alami dan halus, tergantung seberapa halus sapuan kuas saat membuatnya.

Untuk gradasi warna yang lebih kasar, gunakan sapuan kuas yang lebih kasar.

2. Teknik Warna Menengah

Alih-alih memadukan dua warna bersama-sama, cara membuat gradasi warna adalah bisa menempatkan warna perantara di antara keduanya atau di tengah.

Misalnya, memiliki warna biru dan kuning. Sedikit warna hijau di antaranya akan membantu menghaluskan gradasi warna (hijau menjadi warna yang berguna untuk mencampur biru dan kuning).

Jika memiliki warna kuning dan merah, letakkan setetes warna oranye di antaranya. Jika memiliki warna hijau dan biru, letakkan setetes biru kehijauan di antaranya. Maka, ini bisa dijadikan teknik cara membuat gradasi warna yang mudah dipraktikkan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Gradasi Warna

3. Teknik Bayangan

Cara membuat gradasi warna bisa dengan teknik bayangan di mana pelukis menggambar garis paralel untuk menggelapkan suatu area. Makin dekat dan tebal garisnya, makin gelap hasilnya. Gunakan teknik ini untuk memperluas warna gradasinya.

Katakanlah ingin memperhalus gradasi antara area terang dan gelap. Gunakan area gelap untuk mendorong ke area terang, atau penetasan ringan untuk mendorong ke area gelap, atau keduanya. Steve Huston sering melakukan ini dalam lukisannya. Peter Paul Rubens juga.

4. Teknik Layering

Pelapisan melibatkan pengecatan lapisan cat yang tipis dan sebagian tipis di atas lapisan lain. Cara membuat gradasi warna adalah menghasilkan warna yang halus dan hampir halus.

The Fighting Temeraire karya Joseph William Turner adalah contoh yang bagus. Teknik layering cocok untuk cat air.

5. Teknik Kepadatan

Cara membuat gradasi warna bisa dengan teknik kepadatan. Gunakan dengan memvariasikan kerapatan warna, baik dengan menggunakan lebih banyak goresan, lebih banyak tekanan, atau cat yang lebih tebal.

Misalnya, jika mengecat sapuan warna tipis di atas permukaan putih, sebagian dari permukaan putih itu akan terlihat. Saat terus menumpuk cat di suatu area, warnanya akan makin kuat, menghasilkan gradasi dari warna lemah ke warna kuat.

Ā 

Disadur dari:Ā Liputan6.com (Penulis:Ā Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 27/1/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer