Sukses


Contoh Teknologi Digital yang Mempermudah Aktivitas Manusia

Bola.com, Jakarta - Teknologi digital saat ini menjadi hal yang mudah kita temui dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Teknologi ini hasil dari pengembangan dan inovasi yang dirancang oleh para ahli.

Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, melainkan menggunakan sistem pengoperasian yang secara otomatis didesain dengan komputerisasi atau format tertentu pada komputer.

Pada dasarnya, teknologi digital merupakan sebuah sistem penghitung yang mampu menghasilkan keluaran (output) dalam kurun waktu singkat dan cepat.

Tak bisa dimungkiri, teknologi digital telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia dan mempermudah aktivitas yang dilakukan. Contohnya teknologi digital di bidang komunikasi, saat ini kita mudah untuk menghubungi keluarga yang berjauhan dengan kita.

Lantas, teknologi digital apa saja yang dapat mempermudah dan membantu aktivitas manusia?

Berikut ini contoh teknologi digital yang mempermudah aktivitas manusia, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (7/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teknologi Digital yang Mempermudah Aktivitas Manusia

Kini, teknologi digital kini makin banyak hadir di setiap kebutuhan manusia. Teknologi digital tersebut muncul sebagai respons dari kebutuhan manusia di berbagai sektor. Maka itu, memahami contoh teknologi digital akan lebih mudah jika didasarkan pada jenis-jenisnya.

Adapun pembagian dari jenis dan contoh teknologi digital tersebut, sebagai berikut:

 1. Teknologi Komunikasi Digital

Jenis teknologi digital yang satu ini hingga kini paling banyak digunakan manusia. Sebab, manusia merupakan makhluk sosial yang tak akan terlepas dari kebutuhan interaksinya terhadap sesama. Maka itu, jenis teknologi yang satu ini juga mengalami perkembangan serta inovasi cepat.

Contoh teknologi digital dari jenis ini, yakni smartphone, televisi pintar, tablet, laptop, radio, dan lain sebagainya.

2. Teknologi Industri Digital

Selain di bidang komunikasi, jenis dari teknologi digital yang selanjutnya yakni di bidang industri. Meski tak sebanyak di bidang komunikasi, teknologi digital industri kini juga mengalami pertumbuhan pesat.

Kini bahkan penggunaannya tak terbantahkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas serta berkuantitas tinggi.

Contoh teknologi digital di bidang industri, yakni Big data, Artificial Intelligence, Cloud Computing, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Contoh Teknologi Digital yang Mempermudah Aktivitas Manusia

3. Teknologi Ekonomi Digital

Tak hanya di bidang komunikasi dan industri, teknologi digital juga merambah di bidang ekonomi. Kini, makin banyak transaksi yang lebih mudah antara sesama pengguna teknologi tersebut.

Hal ini tentu mendukung laju pertumbuhan ekonomi serta uang beredar di suatu negara.

Contoh teknologi digital di bidang ekonomi, yakni dompet digital, aplikasi pembayaran, mesin EDC, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Edukasi Digital

Teknologi digital juga turut membawa perubahan mendasar di bidang edukasi. Teknologi digital memungkinkan para siswa serta tenaga pendidik dapat berinteraksi secara lebih efisien dan efektif.

Tak heran kini banyak dikembangkan berbagai produk dari teknologi digital untuk mempermudah interaksi.

Contoh teknologi digital di bidang ini, yakn aplikasi pendidikan berbasis digital, hingga aplikasi pertemuan, dan lain sebagainya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Penggunaan Teknologi Digital

Selayaknya berbagai jenis teknologi lainnya, teknologi digital juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Adapun di antara manfaat tersebut, sebagai berikut:

1. Lebih Efisien

Penggunaan teknologi digital diklaim mampu lebih efisien sehingga penggunanya tidak harus mengeluarkan waktu serta biaya berlebih untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Dibandingkan dengan penghitungan cara manual, manusia akan jauh lebih menghabiskan banyak waktu serta biaya. Maka itu, kini teknologi digital kian berkembang karena memicu kemudahan bagi kehidupan manusia di berbagai sektor.

2. Memungkinkan Menyimpan Data dengan Mudah

Teknologi digital pun juga menawarkan kemudahan lainnya, satu di antaranya yakni mengenai penyimpanan data yang lebih mudah pada teknologi komunikasi digital.

Teknologi digital memungkinkan penggunanya untuk dapat menyimpan data berupa kode digital ke dalam bentuk nonfisik sehingga hal tersebut dapat diakses di berbagai tempat selama terhubung dengan jaringan.

3. Memunculkan Inovasi di Bidang Komunikasi

Manfaat berikutnya dari teknologi digital adalah mampu memunculkan berbagai inovasi yang lebih cepat di bidang komunikasi. Hingga saat ini, teknologi komunikasi digital telah berkembang jauh lebih pesat dari sebelumnya.

Hal ini memungkinkan manusia untuk makin mudah mengakses serta terhubung dengan manusia lain. Dengan begitu, kebutuhan akan interaksi juga kian terasa mudah, cepat, dan praktis.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 25/4/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer