Sukses


Macam-Macam Kesalahan Orang saat Mandi, Jangan Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Mandi merupakan satu di antara cara yang sering dilakukan untuk membersihkan kotoran pada tubuh. Kotoran pada tubuh biasanya disebabkan oleh debu dan kuman.

Apalagi saat musim hujan tiba, banyak wabah penyakit menular merebak, cipratan ludah (droplet) dari batuk maupun bersin bisa menempel di lengan, tangan, atau bagian tubuh lainnya tanpa disadari.

Untuk membersihkannya, kamu direkomendasikan untuk mengganti pakaian kotor serta mandi dengan air dan sabun agar tubuh bersih.

Pasalnya, kebersihan diri termasuk langkah penting agar terhindar dari risiko penularan penyakit infeksi, baik oleh virus maupun bakteri.

Banjir yang biasanya terjadi saat musim hujan, tentu membuatmu harus rajin dan rutin mandi. Hal itu karena, kuman dan kotoran yang terbawa banjir atau genangan dapat menyebabkan penyakit kulit dan infeksi seperti leptospirosis.

Sebagai satu di antara rutinitas harian, banyak orang yang asal mandi. Ada beberapa kesalahan yang sebaiknya jangan dilakukan saat mandi.

Berikut macam-macam kesalahan orang saat mandi, disadur dari Klikdokter, Senin (10/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Daftar Kesalahan Orang saat Mandi

Mandi Tidak Pakai Sabun

Kotoran, debu, kuman, produk perawatan kulit, atau kosmetik yang menempel di lapisan minyak kulit merupakan tumpukan yang larut minyak. Timbunan tersebut sulit dibersihkan hanya dengan mengandalkan air.

Selain dengan air mengalir, mandi harus dengan sabun agar kotoran larut minyak tersebut bisa tersapu bersih dari kulit.

Lebih baik lagi pilih sabun antibakteri yang mengandung formula ActivSilver+ demi melindungi pertahanan alami kulit dan melawan kuman penyebab penyakit, serta timol yang punya sifat antiseptik alami.

Mandi Terlalu Lama atau Terlalu Cepat

Waktu mandi yang disarankan adalah 10 menit. Bila mandi terburu-buru, dikhawatirkan kulit belum benar-benar bersih dan ada bagian tubuh yang terlewat. 

Bila mandi terlalu lama dengan air panas maka kulit rentan mengalami kekeringan karena lapisan minyak di kulit ikut terkikis. Sementara itu, bila mandi air dingin kelamaan, suhu tubuh bisa turun, menjadikan tubuh jadi rentan sakit.

Suhu Air Terlalu Panas

Mandi dengan air hangat memang bikin relaks. Namun, jika suhu air terlampau tinggi, bisa mengikis lapisan minyak kulit sehingga kulit jadi kering.

Kondisi kulit yang kering bisa dengan mudah mengalami iritasi dan kerusakan sehingga mempermudah kuman untuk menginfeksi.

Mandi Asal Bilas

Mandi dengan air dan sabun sangat direkomendasikan untuk menghilangkan debu, kotoran, kuman, dan kosmetik dari kulit. Namun, jika sabun tidak dibilas dengan bersih, kulit bisa mengalami iritasi akibat sisa sabun bercampur dengan kotoran atau kuman yang masih menempel di kulit.

Mandi Tidak Bersih

Meski sudah mandi pakai sabun, tetap saja beberapa bagian tubuh sering terlewat, terutama di daerah-daerah lipatan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan jamur kulit atau infeksi kulit akibat bakteri di area yang kotor tersebut.

Selesai mandi, keringkan tubuh dengan handuk bersih. Lakukan dengan lembut, jangan menggosoknya terlalu keras agar kelembapan kulit tetap terjaga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/2/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dnegan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer