Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Mandi Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Aktivitas yang padat membuat tidak sedikit orang baru bisa mandi pada malam hari. Mandi di malam hari setelah beraktivitas membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar sehingga tidur pun lebih nyaman.

Namun, sering mandi malam dikhawatirkan bisa merusak kondisi tubuh sehingga rentan terserang penyakit.

Itulah mengapa, banyak orang tidak menyarankan untuk mandi di malam hari karena kebiasaan ini dianggap tidak baik untuk kesehatan.

Ada beberapa dampak buruk mandi malam yang penting untuk diketahui. Apa saja dampak buruk mandi di malam hari yang perlu diwaspadai?

Berikut ini macam-macam dampak buruk mandi malam, dikutip dari laman Verywellhealth dan Medicalnewstoday, Kamis (20/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Mandi Malam Hari

1. Meningkatkan Gejala Rematik

Rematik adalah penyakit autoimun yang memunculkan gejala seperti sendi kaku dan bengkak terutama di jari tangan atau kaki. Jika kamu memiliki riwayat penyakit ini, sebaiknya jangan mandi di malam hari.

Mandi malam hari dapat menyebabkan tubuh kedinginan. Suhu yang terlalu dingin bisa membuat gejala rematik makin parah, terlebih pada orang yang lanjut usia.

2. Risiko Masuk Angin

Jika kamu mandi di malam hari dengan suhu tubuh yang masih tinggi, kamu bisa mengalami masuk angin.

Sebaiknya mandi dengan air hangat atau tidak usah mandi sekalian, cukup basuh wajahmu saja setelah kamu beraktivitas malam hari.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Mandi Malam Hari

3. Asam Urat

Mandi malam juga bisa memicu serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya akan terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu, hal ini dapat mengakibatkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

4. Bisa Menyebabkan Flu

Flu atau masuk angin sering disebut-sebut sebagai satu di antara dampak mandi di malam hari. Hal ini disebabkan virus yang berkembang biak lebih cepat bila suhu tubuh dingin.

Teori ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa virus yang menginfeksi rongga hidung yang bersuhu dingin lebih mudah menimbulkan penyakit influenza daripada yang menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Mandi Malam Hari

5. Menyebabkan Asma Kambuh

Dampak buruk mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan asma kambuh. Perubahan suhu yang mendadak diketahui bisa memicu gangguan pada pernapasan.

Tak hanya asma, mandi di malam hari bisa menyebabkan penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis menjadi kambuh. Jika kamu memiliki riwayat penyakit pernapasan, sebaiknya menghindari mandi di malam hari. 

6. Penuaan Dini

Penuaan dini dapat disebabkan mandi di malam hari. Beberapa orang mungkin tidak cukup kuat untuk disiram air dingin pada malam hari.

Kondisi tersebut menyebabkan adanya peningkatan metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme ini membutuhkan pasokan kalori serta oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

Hal inilah yang membuat mandi malam menjadi penyebab penuaan dini.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Mandi Malam Hari

7. Demam

Bahaya mandi malam hari lainnya adalah demam. Kondisi ini terjadi karena pori-pori dan panas tubuh yang meningkat di malam hari sehingga rentan mengalami demam

Tubuh yang panas kemudian tersiram air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh hingga menjadi demam. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas kamu keesokan hari.

8. Mengganggu Proses Metabolisme

Mandi pada malam hari juga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Pasalnya, pada malam hari, suhu tubuh sedang menurun dan memerlukan istirahat.

Mandi malam dapat menyebabkan pori-pori terbuka dan air lebih mudah masuk sehingga mampu membuat sistem metabolisme tubuh terganggu.

 

Sumber: Verywellhealth, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer