Sukses


Macam-Macam Fungsi Bulu Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya

Bola.com, Jakarta - Banyak orang belum mengetahui fungsi bulu mata. Yap, selama ini apa itu fungsi bulu mata kerap diabaikan. Padahal, fungsi bulu mata tidak dapat dianggap sepele.

Lebih banyak orang yang terfokus pada sisi estestika atau kecantikan dari bulu mata, bulu mata tebal dan letik dianggap bisa menunjang penampilan. Tak heran banyak orang ingin memiliki bulu mata tebal dan lentik.

Sebagai informasi, setiap orang memiliki bulu mata. Pertumbuhan bulu mata manusia dimulai sejak dalam kandungan, tepatnya ketika embrio memasuki  minggu ke-22 hingga 26. 

Mengingat fungsinya yang tak boleh dianggap sepele, sama seperti bagian tubuh lainnya, kesehatan bulu mata juga harus dijaga.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini, perihal fungsi bulu mata dan bagaimana cara menjaga kesehatan bulu mata.

Berikut beberapa fungsi bulu mata dan cara menjaga kesehatannya, disadur dari Klikdokter, Selasa (1/11/2022).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Fungsi Bulu Mata

1. Perlindungan dari Benda Berbahaya

Bulu mata memiliki respons refleksif dan otomatis. Bila tersentuh, ia akan mengirimkan sinyal ke otak dan memberikan peringatan untuk menutup kelopak mata.

Maka itu, bulu mata dapat berfungsi melindungi indra penglihatan dari ancaman berbahaya yang mungkin menyebabkan kerusakan, seperti debu, pasir, serangga, dan lainnya.

2. Menyaring Cahaya yang Masuk ke Mata

Bulu mata membantu menyaring intensitas cahaya yang menyinari mata. Hal ini penting, mengingat tidak semua cahaya baik untuk kesehatan mata.

3. Tanda Peringatan Kesehatan

Bulu mata yang rontok sering kali dapat menjadi tanda dari tingkat kekebalan tubuh yang terganggu. Bulu mata rontok juga dapat menjadi tanda peringatan dari adanya penyakit pada indra penglihatan.

4. Membantu Menjaga Mata Tetap Lembap

Bulu mata dapat meminimalkan udara yang masuk ke mata. Hal ini pun pada akhirnya mampu mencegah kekeringan pada mata. Bulu mata juga membantu menjaga mata tetap terjaga kelembapannya.

5. Mencegah Menempelnya Kelopak Mata

Di dalam bulu mata terdapat kelenjar yang bernama meibom. Kelenjar ini akan menghasilkan lemak berbentuk seperti minyak, yang membantu kelopak mata tidak mudah menempel saat kamu berkedip.

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Setidaknya ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menjaga bulu mata tetap sehat, yakni:

  1. Rajin mandi dan membersihkan daerah mata.
  2. Jangan mengucek mata bila gatal.
  3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar bulu mata tumbuh lebat.

Jika kamu termasuk orang yang sering merias bulu mata, berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan agar kesehatan organ tersebut tidak terganggu:

  • Mengganti aplikator maskara setiap dua atau tiga bulan sekali.
  • Membersihkan riasan mata sebelum tidur, terutama yang menempel di bulu mata.

Perlu diketahui, bulu mata dipelihara oleh kelenjar minyak. Jika kelenjar atau folikel rambut tersumbat karena riasan tidak dibersihkan dengan teliti, hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi dan komplikasi kesehatan mata lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/1/2021)

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer