Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Miliki Kebiasaan Malas Mandi

Bola.com, Jakarta - Mandi merupakan rutinitas penting sehari-hari yang dilakukan semua orang demi merawat kebersihan diri dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Setiap orang dianjurkan mandi dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang malas mandi hingga beberapa hari.

Biasanya orang menjadi malas mandi karena cuaca yang sedang dingin, tubuh sudah lelah, memiliki kondisi kulit sensitif, atau alasan-alasan lainnya.

Memiliki kebiasaan malas mandi tidak hanya bisa menimbulkan bau badan, tetapi ada juga dampak buruk lainnya yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Lantas, apa saja dampak buruk yang muncul akibat miliki kebiasaan malas mandi bagi tubuh?

Berikut ini macam-macam dampak buruk miliki kebiasaan malas mandi yang jarang diketahui, dikutip dari laman Bustle dan Clevelandclinic, Kamis (10/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Miliki Kebiasaan Malas Mandi

1. Bau Badan Berlebih

Bau badan merupakan masalah utama yang terjadi jika tidak mandi. Keringat bercampur dengan bakteri alami pada kulit tubuh bisa menyebabkan bau badan berlebih. Jika sudah bau badan, kamu bisa dijauhi oleh orang di sekitar.

2. Infeksi Jamur

Jamur merupakan satu di antara gangguan yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Jamur dapat berada di permukaan kulit, di alat kelamin, hingga di dalam mulut.

Satu di antara penyebab utama infeksi jamur adalah kebersihan diri yang kurang terjaga, seperti akibat miliki kebiasaan malas mandi.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Miliki Kebiasaan Malas Mandi

3. Rentan Terkena Flu dan Demam

Tidak mandi pada pagi hari ternyata dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal ini akan membuat kamu merasakan lebih gerah ketika siang hari. Selain itu, suhu tubuh bisa menyebabkan tubuh lebih rentan untuk terserang demam dan flu.

4. Tubuh Lebih Mudah Lemas dan Gerah

Ternyata, jarang mandi membuat tubuh lebih mudah lemas karena debu dan kotoran yang banyak menempel di tubuh.

Selain merasakan gatal, kamu juga merasakan tubuh yang menjadi lebih gerah sehingga mengganggu semangat kamu dalam melakukan aktivitas.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Miliki Kebiasaan Malas Mandi

5. Membuat Sulit Tidur

Memiliki kebiasaan malas mandi bisa menyebabkan tubuh menjadi gerah, gatal, dan memberikan efek yang tidak nyaman saat tidur.

Meski kamu bisa tertidur, pasti akan sering terbangun karena merasa tidak nyaman di badan dan gatal di sana-sini.

6. Kulit Jadi Kering

Dampak buruk malas mandi bagi kesehatan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Apabila kamu menderita penyakit kulit seperti eksim, kamu bisa mencegahnya dengan mandi secara teratur. Melewatkan mandi selama beberapa hari akan menyebabkan masalah kulit lainnya.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Miliki Kebiasaan Malas Mandi

7. Penuaan Dini

Kalau kamu malas mandi bisa menyebabkan wajah dan kulitmu menjadi keriput dan memberikan efek penuaan dini. Pasalnya, kulit manusia membutuhkan air agar tetap lembap dan cerah.

8. Rambut Lepek dan Berminyak

Malas mandi bisa membuat rambut kamu menjadi lepek dan berminyak. Kelenjar sebaceous melepaskan zat berminyak yang disebut sebum.

Kandungan ini membuat rambut bersinar alami, tetapi ketika zat ini menumpuk secara berlebihan rambut tidak akan berkilau indah, sebaliknya akan terlihat lepek dan tidak bagus.

Jika tidak mandi selama beberapa hari, lemak, sel-sel kulit kotor dan mati akan menumpuk sehingga membuat kulit kepala gatal dan kering.

 

Sumber: Bustle, Clevelandclinic

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer